Home TIps dan Trik Tips Bekerja Prima Meski Sedang Kondisi Puasa

Tips Bekerja Prima Meski Sedang Kondisi Puasa

by Diane Lowe

Berpuasa sudah menjadi aktivitas yang kerap dilakukan oleh para umat beragama. Tak melulu ketika Ramadan, puasa juga seringkali dilakukan ketika hari-hari lainnya misalnya setiap Senin dan Kamis. Tentunya selama berpuasa Anda tidak akan makan seharian sampai waktunya berbuka. Hal ini terkadang sulit untuk mereka yang bekerja karena selama bekerja tubuh butuh menghabiskan tenaga dan pikiran. Meski begitu, ada tips bekerja yang bisa Anda lakukan ketika berpuasa sehingga meski puasa namun tetap semangat dalam bekerja.

Sebagian perkantoran memberikan kemurahan kepada karyawannya selama Ramadan tiba, yaitu dengan mengurangi 1 hingga 2 jam kerja agar para karyawan bisa memperoleh waktu istirahat lebih banyak. Namun bagaimana jika Anda puasa di hari biasa? Tentu Anda tidak bisa beralasan untuk pulang lebih cepat karena puasa. Untuk itu, berikut ini beberapa tips bekerja ketika Anda puasa sehingga tetap kuat dan bersemangat:

  • Selalu makan sahur Anda

Seperti halnya pentingnya sarapan, sahur juga amat penting untuk tubuh Anda. Tubuh Anda butuh asupan energi ketika siang hari sampai sore nantinya dan asupan tersebut bisa didapatkan dari Anda makan sahur. Hindari makanan berlemak terlalu banyak dan pastikan pilih menu sahur yang sehat.

  • Buka puasa dengan tenang

Setelah seharian puasa, tentu waktu berbuka adalah waktu yang amat ditunggu sehingga kerapkali membuat orang yang puasa lupa diri dan makan secara terburu-buru hingga berlebihan. Namun hindari hal seperti ini karena perut Anda cenderung belum siap menerima makanan secara ekstrim seperti itu. Lebih baik minum terlebih dulu dan konsumsi buah-buahan seperti kurma agar tenaga yang tadinya hilang bisa kembali pulih.

  • Perbanyak air putih

Sudah bukan rahasia lagi jika air putih punya banyak kelebihan. Meminum air putih sendiri dianjurkan adalah sebanyak 8 gelas perharinya. Mungkin jika diminum satu waktu saja pastinya akan kembung. Untuk itu, bagilah dalam beberapa waktu jika Anda akan puasa besok yaitu sahur, buka dan sebelum tidur.

Baca juga beberapa artikel yang bisa membawamu menjadi hidup yang sehat. Baca sekarang di www.gayahidupterkini.com

  • Tetap olahraga

Olahraga ketika puasa? Ya, tetaplah berolahraga ketika berpuasa. Tak perlu olahraga berat seperti jogging atau aerobik, cukup berjalan-jalan selama 15 menit sambil menunggu waktu buka juga termasuk olahraga.

  • Jaga waktu tidur

Tidur juga penting untuk bisa mengistirahatkan tubuh Anda yang lelah oleh semua beban pekerjaan seharian. Untuk itu, pastikan Anda memiliki waktu tidur paling tidak 7 hingga 9 jam per harinya.

Itulah beberapa tips bekerja tetap maksimal meski kondisi sedang puasa. Puasa bukanlah alasan untuk Anda bisa malas bekerja dan dengan puasa justru tubuh akan lebih sehat. Oleh karena itu, jaga pola makan dan tidur Anda selama puasa sehingga kesehatan bisa didapatkan.

Baca Juga:   6 Tips Karir Menjadi Calon Pengusaha

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More