Tips Mempercepat Koneksi Internet

Loading InternetDi era modern saat ini internet sudah menjadi kebutuhan, oleh karenanya dibutuhkan koneksi internet atau koneksi yang mumpuni, lancer dan tidak lemot untuk dapat mempermuda berselancar. Baik untuk digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah atau perkerjaan kantor, membuka situs sosial media, sebagai hiburan bermain game online, browsing dan searching informasi terupdate, menyaksikan video streaming via youtube, dan download film atau lagu.

Justru fakta di lapangan negara kita tercinta merupakan salah satu negara yang memiliki koneksi internet paling lemot dan lambat di banding negara lain. Belum adanya provider yang mampu menjamin kecepatan internet agar lebih lancer tanpa hambatan di seluruh wilayah. Yang ada justru koneksi pada internet umumnya selalu bergantung pada daerah dan sinyal yang didapat dan tentu ini akan menimbulkan masalah tersendiri bagi pengguna modem, baik jaringan GSM maupun CDMA. Ditambah lagi jika hanya mendapat sinyal WCDMA dan UMTS buka 3G atau HSDPA, tentunya akan menghambat kegiatan kita dalam berselancar di internet.

Walau demikian, masih ada beberapa tips ampuh mempercepat koneksi internet yang bisa digunakan untuk meningkatkan koneksi internet agar lebih cepat dan lancar. Memang cukup banyak cara mempercepat speed internet yang bisa dicoba, mulai dari yang menggunakan aplikasi pendukung dan software hingga mengubah setting yang ada pada komputer. Namun kali ini saya akan memberikan tips mempercepat koneksi internet dengan simple dan mudah, jadi tidak perlu repot dan ribet serta dapat dilakukan pada setiap komputer atau laptop anda.

Cara Pertama Mengubah Setting Bandwidth
– Klik tombol ‘Start’ lalu pilih menu ‘Run’
– Ketik ‘gpedit.msc’, lalu tekan OK
– Pilih ‘Administrative Templates yang ada pada kategori Computer Configuration’,lalu klik ‘Network’
– Pilih ‘Qos Packet Scheduler’
– Ubah setting pada ‘Limit Reservable Bandwidth’ menjadi ‘Enable’
– Lalu ubah setting bandwidth limit dari semula 20 menjadi 0 kemudian klik Apply dan OK
– Restart PC untuk mengaktifkan perubahan pengaturan

Kedua Merubah Setting DNS
Langkah selanjutnya untuk mempercepat koneksi internet dan kecepatan download dengan cara merubah setting DNS. Maksudnya dengan merubah setting default DNS dengan DNS lain, DNS lain yang umum digunakan yaitu DNS milik openDNS dan milik Google. Keduanya merupakan DNS paling umum dan popular serta biasa digunakan untuk mempercepat koneksi internet. Ikuti langkah berikut untuk merubah setting DNS dengan mudah:
– Klik Start, pilih Control Panel
– Pilih Network and Internet, lalu pilih Network and Sharing Center
– Pilih Local Area Connection
– Pilih Properties kemudian pilih Internet Protocol Version 4 dan pilih bagian Properties
– Ubahlah DNS dan isikan seperti salah satu di bawah ini
Preferred DNS Server: 208.67.222.222
Alternate DNS Server: 208.67.220.220
(DNS milik openDNS)

Preferred DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4
(DNS milik Google)
– Pilih salah satu dari dua DNS tersebut (yang atas milik openDNS dan yang bawah milik Google), lalu klik OK

Ketiga Menggunakan Software
Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan software atau aplikasi. Untuk cari yang ini tidak perlu merubah dan mengedit pengaturan setting yang ada dalam komputer, namun hanya dengan mendowload software atau aplikasi pendukung dan cukup menjalankan saja sesuai dengan petunjuk yang ada untuk meningkatkan kecepatan internet agar lebih maksimal dan optimal. Berikut software ataupun aplikasi penambah kecepatan internet yang saya pilih dan terbaik serta popular secara gratis yaitu
– Onespeed 6.0.9
– DSL Speed
– Flash Speed 200%
– Modem Booster

Itulah Tips mempercepat koneksi internet yang dapat digunakan dan perlu dicoba, cara di atas dapat digunakan pada computer dengan sistem operasi Windows XP, Windows 7, serta Windows 8 versi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *