Tips Membeli Laptop Second

LaptopPada kesempatan kali ini sesuai dengan judul saya ingin berbagi tips membeli laptop second atau komputer second. Trend membeli barang second saat ini cukup meningkat pesat, ini ditandai dengan bermunculannya situs jual beli online yang mendukung hal tersebut. Kebutuhan akan komputer mobile yang memudahkan penggunaan dan fleksibel untuk dibawa ke mana-mana bisa dikatakan barang wajib dimiliki saat ini.

Tentunya ini yang mempengaruhi laptop second banyak diminati didukung juga oleh harga terjangkau serta kualitas dan spek yang sama dengan laptop baru. Namun dengan alasan itu kita bisa dengan mudah membeli laptop second, berikut hal yang harus anda perhatikan agar anda tidak salah ketika membeli laptop second yang anda inginkan.

Kondisi Fisik
Hal ini merupakan yang pertama anda harus perhatikan, memang bukan segalanya tetapi dengan kondisi fisik yang bagus berarti menunjukkan bagaimana pemilik sebelumnya dalam merawat dan menjadi kondisi laptopnya. Perhatikan tiap sisi, apa ada bekas terjatuh atau retakan, jika ada anda harus cek kondisi LCD dan Hardisk apa dalam kondisi normal. Bagian fisik lainnya yang perlu menjadi perhatian adalah port-port seperti port USB, port audio, jaringan internet dan lainnya. Selanjutnya cek kondisi engsel latop, karena bagian ini sangat sensitif rentan rusak.

Kondisi Layar (LCD/LED)
Kondisi layar laptop kadang menipu pembeli, umumnya pembeli tidak terlalu memperhatikan dengan teliti komponen yang satu ini. Padahal harga part yang satu ini tergolong mahal, untuk itu sebelum membeli pastikan kondisi layar dalam keadaan normal. Langka berikut untuk mengetahui kondisi layar laptop dalam kondisi normal; cek kabel flexible dengan buka tutup layar dan ubah background tampilan desktop dengan berwarna hitam serta putih, hal ini guna mengetahui apakah ada cacat pada layar.

Kondisi Hard disk
Part yang satu ini paling rentan dengan kerusakan biasanya pada laptop second, pastikan kondisi hard disk dalam kondisi baik, hal ini bisa anda cek dengan melakukan copy/paste antara patisi dan folder jika proses transfer file sangat lambat bisa saja hard disk bermasalah atau juga anda bisa mengecek dengan double klik my computer > klik kanan pada hard disk yang ingin kamu cek > klik properties, pilih tab Tools > di bawah Error-checking, klik check now.

Batrei atau Charger
Pastikan kondisi batrei laptop yang akan anda beli dalam kondisi baik, hal ini dapat dicek dengan menggunakan laptop dalam kurun waktu tertentu dan hitung berapa persen penurunan dayanya dan lakukan pengecekan dengan melakukan pengecasan, apa batrei terisi dengan normal.

Keybord dan Touchpad
Memang harga part ini tidak semahal jika dibandingkan dengan part lainnya, tetapi bukan berarti anda lalai dalam memeriksanya. Tentunya anda tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan dan untuk part yang satu ini bisa dibilang cukup sulit untuk mencari penggantinya, untuk itu cara mengecek part ini dengan mengetik seluruh tombol.

Hardware Lainnya
Hardware lain yang perlu anda perhatikan seperti Webcam, Optical Drive, Bluetooth, Wifi dan hardware lain apa berfungsi dengan baik. Lakukan dengan pengecekan dengan menggunakan laptop beberapa waktu guna memastikan kinerja laptop yang akan anda beli. Semoga tips di atas berguna untuk anda – aladintips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *