Smartwatch Samsung Gear S2, Bukan Jam Tangan Biasa

Seiring perkembangan teknologi, tidak hanya telepon yang berkembang menjadi smartphone, tapi jam tangan pun kini telah memasuki era smartwatch. Berbagai produsen teknologi berlomba-lomba menghadirkan inovasi terbaru guna menciptakan jam tangan pintar tercanggih. Salah satunya adalah brand Samsung yang mengeluarkan smartwatch Samsung Gear S2. Apa keunggulan smartwatch Samsung yang satu ini? Ulasan ini akan menjawab rasa penasaranmu.

Ada dua tipe Samsung Gear S2 yang dirilis di Indonesia, yaitu versi classic dan versi sport. Kedua versi jam tangan pintar ini belum dilengkapi dengan konektivitas seluler dan masih mengandalkan konektivitas bluetooth untuk terhubung ke smartphone penggunanya. Meskipun belum mendukung teknologi 3G, Samsung Gear S2 tetap bisa kamu andalkan untuk mempermudah komunikasi dan kebutuhan mobilisasi lainnya.

Samsung Gear S2 tergolong memiliki spesifikasi yang tinggi dan mampu bersaing melawan jam tangan pintar buatan LG atau Motorola. Dari sisi desain, Gear S2 terlihat sangat mirip dengan jam tangan analog karena bentuk layarnya yang bundar dan tidak terlalu mencolok. Di balik tampilan luar yang menawan itu, jam tangan pintar produksi Samsung ini juga diimbangi dengan user interface berbasis OS Tizen yang dikembangkan secara khusus untuk perangkat smartwatch.

Adanya dua versi, yaitu classic dan sporty yang jam tangan pintar ini miliki tentu tidak terlepas dari upaya memenuhi selera calon konsumen yang beragam. Sekilas, desain versi classic terlihat lebih elegan. Namun, itu pun kembali ke subjektivitas tiap-tiap orang. Namun, bila dilihat dari dimensinya, ukuran dua versi jam tangan pintar ini berbeda. Galaxy Gear S2 Classic memiliki dimensi 39,9 x 43,6 x 11,4 mm dan berat 42 gram. Sementara itu, versi sporty memiliki dimensi 42,3 x 49,8 x 11,4 mm dengan berat keseluruhan mencapai 47 gram.

Di lain sisi, Samsung memasang bodi anti karat yang kuat dan tahan lama terhadap jam tangan pintar Gear S2. Bentunya sangat tipis sehingga terasa lebih nyaman saat kamu pakai di pergelangan tangan. Untuk ukuran layarnya, smartwatch ini memiliki layar bundar dengan ukuran 1.2 inci yang dipertajam dengan teknologi super amoled display beresolusi 360×360 pixels. Efeknya, tampilan layar sentuh pun akan sangat tajam karena kepadatan layarnya mencapai 302 ppi. Layarnya pun terlindungi dengan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy Gear 2 yang tidak dimiliki jam tangan pintar lainnya adalah adanya fitur rotating bezel. Fitur ini akan memudahkanmu dalam membuka aplikasi dan menu yang tersimpan di Gear S2. Cukup dengan memutar bezel yang mengelilingi layar smartwatch ini, kamu secara otomatis akan bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Fitur keren lainnya yang dimiliki Gear S2 adalah kemampuan bertahan dari debu dan rendaman air sedalam 1.5 meter selama 30 menit. Fitur ini hadir berkat sertifikasi IP68. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir memakai jam tangan Samsung ini untuk berenang atau saat hujan, ya.

Samsung juga melengkapi Gear S2 dengan tombol home dan back yang ditempatkan pada sisi samping. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengoperasikan jam tangan pintar ini. Gear S2 mengusung baterai berkapasitas 250 mah yang mampu bertahan selama dua hari. Smartwatch ini juga dilengkapi teknologi pengisian daya nirkabel atau wireless charging sehingga kamu cukup meletakan Gear S2 pada docking charging yang telah tersedia.

Untuk menjalankan semua fitur dan menu yang ada di dalamnya, Gear S2 dibekali processor Dual Core 1.0 Ghz dengan chipset Exynos 3250 dan RAM berukuran 512 MB. Selain itu, ada pula memori internal sebesar 4 GB. Karena sebagian besar memori internal itu dipakai untuk menyimpan file sistem operasi Tizen, kamu hanya akan memiliki sisa memori bebas pakai sekitar 1,9 GB saja.

Samsung Gear S2 belum dilengkapi dengan konektivitas seluler. Namun, jam tangan pintar ini didukung dengan Bluetooth v4.1 yang bisa menghubungkannya ke perangkat Samsung berspesifikasi OS Android 4.3 keatas. Selain itu, Gear S2 juga kompetibel dengan teepon pintar selain Samsung asalkan teleponnya sudah memiliki OS Android 4.3 keatas, dan kapasitas RAM-nya mencapai 1.5GB.

Bagaimana? Setelah tahu spesifikasi jam tangan pintar ini, apakah kamu tergoda untuk memilikinya? Untuk mendapatkan Samsung Gear S2, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar 3,9 juta untuk versi sport dan 4,5 juta untuk versi classic.

Masih ragu? Kalau begitu, baca juga rekomendasi smartwatch untuk mengetahui pilihan-pilihan jam tangan pintar lainnya, ya.

Sumber gambar: desirethis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *