Smartphone Kamera Terbaik : Bukan LCD Tapi AMOLED

Kebanyakan pengguna smartphone ketika mengalami kerusakan pada layar handphone pasti mengatakan “LCD-nya rusak”. Padahal, belum tentu sebuah perangkat smartphone menggunakan fitur layar LCD (liquid crystal display), karena zaman now adalah zamannya layar AMOLED. Selain merek sebuah smartphone, para pengguna umumnya hanya memperhatikan besarnya RAM, memori penyimpanan, dan kualitas smartphone kamera terbaik. Namun, kurang peduli terhadap jenis layar yang digunakan sehingga para pengguna tidak mengetahui kualitas kinerja, gambar, dan warna yang ditampilkan layar smartphone tersebut.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan salah satu jenis layar yang saat ini banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. AMOLED sendiri terdiri atas film-film tipis sehingga menghasilkan tingkat cahaya yang lebih baik dibandingkan teknologi layar-layar sebelumnya. AMOLED merupakan penemuan dari perusahaan smartphone asal Korea Selatan, yaitu Samsung.

KELEBIHAN LAYAR AMOLED

Kebanyakan smartphone saat ini telah menggunakan layar AMOLED karena dianggap memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut.

  1. Gambar Lebih “PATEN”

Teknologi AMOLED dianggap memiliki gambar yang lebih baik dengan warna tajam dibandingkan teknologi layar sebelumnya. Gambar cerah natural yang dihasilkan oleh layar AMOLED bahkan dapat dilihat dari sudut 180 derajat.

Gambar dan warna layar AMOLED juga tidak terpengaruh oleh paparan sinar matahari langsung. Jika biasanya layar smartphone akan terlihat silau jika di bawah sinar matahari, maka layar AMOLED telah menepis kebiasaan tersebut

  1. Ukuran Smartphone Menjadi Lebih Tipis

Setiap pengguna smartphone pasti menginginkan tampilan smartphone miliknya memiliki tampilan yang styles dengan layar tipis namun berkelas. Keinginan para pengguna ini dijawab langsung oleh SAMSUNG dengan menciptakan layar AMOLED. Tapi. jangan salah sangka, jika tipisnya AMOLED sama sekali tidak memengaruhi performa dan kualitas smartphone yang dimiliki, hal ini yang membuat generasi sebelum AMOLED sedikit lunglai di pasar dan pabrikan handphone.

  1. “Anti” Antigores

Pengguna smartphone yang setia menggunakan smartphone-nya hingga titik darah penghabisan (rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi) selalu berusaha agar smartphone miliknya awet dan tidak tergores. Untuk mendapatkan keinginan tersebut haruslah menggunakan biaya tambahan dengan membeli antigores atau tempered glass. Namun, dengan layar jenis AMOLED, hal tersebut tidak dibutuhkan lagi. Layar AMOLED telah dilapisi pelindung di bagian luarnya sehingga fungsi antigores telah diperankan oleh pelindung layar AMOLED.

KEKURANGAN LAYAR AMOLED

Hanya judul lagu Andra and The Backbone yang “Sempurna”, hal ini tentu tidak berlaku untuk layar jenis AMOLED. Berikut kekurangan layar terbaru AMOLED.

  1. Adanya Shadow

Pengguna handphone Samsung pasti sering mengeluhkan adanya shadow pada layar smartphone-nya. Shadow yang dimaksud bukanlah bayang-bayang semu apalagi bayangan mantan. Penulis berani jamin. Shadow yang dimaksud adalah bayangan berbentuk garis hitam yang bersifat permanen pada handphone.

Hal ini terjadi biasanya karena pengguna smartphone dengan jenis layar AMOLED sering mengganti theme dan wallpaper handphone secara terus menerus sehingga terjadi perubahan warna secara signifikan.

  1. Harga Mahal

Kualitas tidak membohongi harga. Istilah ini tepat digunakan untuk smartphone yang menggunakan teknologi AMOLED. Karena dianggap teknologi baru dan sedang digandrungi para pabrikan smartphone, tentu harga smartphone layar AMOLED lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan jenis layar lain. Hal ini dianggap wajar, kinerja yang baik dan tampilan gambar yang lebih jernih serta ditambah pelindung layar membuat layar AMOLED menjadi mahal.

  1. Boros SDB (Sumber Daya Baterai)

Layar AMOLED akan lebih boros baterai jika penggunaannya lebih banyak menampilkan warna terang, namun akan berbeda jika yang ditampilkan adalah warna gelap atau hitam. Hal ini terjadi karena layar AMOLED memaksimalkan pencahayaan dari daya smartphone ketika menampilan warna terang seperti putih.

Ilustrasi : Pricepony

Sumber: https://review.bukalapak.com/gadget/5-rekomendasi-smartphone-layar-super-amoled-rp1-jutaan-6612

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *