Simak Langkah Mudah Mengoperasikan Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung

Mencuci pakaian merupakan kegiatan yang harus rutin dilakukan terutama bagi para ibu rumah tangga. Agar kegiatan mencuci lebih mudah dilakukan dan lebih menghemat waktu penggunaan mesin cuci sangat membantu. Waktu yang biasanya dihabiskan untuk mencuci menggunakan tangan bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya sehingga lebih efisien. Tenaga yang digunakan untuk mencuci menggunakan mesin lebih sedikit bila dibandingkan dengan mencuci menggunakan tangan.

Mesin Cuci Aqua

Mesin cuci yang banyak digunakan adalah tipe 1 tabung dan 2 tabung. Masing-masing memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Meski memiliki perbedaan bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Bila Anda masih bingung berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah mencuci menggunakan mesin 1 tabung:

  1. Periksa label pakaian yang hendak dicuci. Pada beberapa jenis pakaian terdapat pakaian yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin sehingga langkah ini harus diperhatikan dengan baik. Ada pula jenis pakaian warnanya luntur sehingga tidak bisa dicampur saat mencucinya. Pisahkan jenis pakaian tersebut sehingga bisa dicuci secara terpisah menggunakan tangan.
  2. Masukkan pakaian kotor ke dalam tabung. Dalam mencuci menggunakan mesin sebaiknya jangan hanya sedikit pakaian yang dicuci karena akan menimbulkan keborosan. Bila mencuci hanya satu atau dua potong pakaian kotor saja sebaiknya dilakukan dengan tangan sehingga bisa lebih menghemat listrik.
  3. Tambahkan sabun cuci. Pemilihan sabun cuci untuk mencuci pakaian kotor menggunakan mesin harus diperhatikan. Pilih sabun cuci yang memang cocok digunakan untuk mencuci dengan mesin. Dengan demikian pakaian Anda akan bersih dan mesin tetap terawat.
  4. Pilih pengaturan. Pada mesin pencuci baju ini terdapat beberapa jenis pengaturan. Anda bisa memilih pengaturan yang paling cocok dengan jumlah serta jenis cucian Anda. Bila Anda belum memahaminya, Anda bisa membaca aturan penggunaan mesin di buku panduan, berbagai artikel di internet atau menanyakannya langsung kepada orang lain.
  5. Biarkan mesin bekerja. Setelah melakukan pengaturan yang sesuai Anda bisa membiarkan mesin Anda bekerja. Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan lainnya sambil menunggu pakaian Anda dicuci oleh mesin.
  6. Pindahkan pakaian ke mesin pengering. Selanjutnya Anda bisa menggantung pakaian Anda agar kering sempurna.

Langkah mencuci menggunakan mesin 2 tabung:

  1. Masukkan pakaian kotor yang telah dipilah.
  2. Tambahkan air sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada buku panduan.
  3. Tambahkan sabun cuci yang sesuai untuk mesin.
  4. Pilih pengaturan putaran yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhan.
  5. Kuras air begitu mesin selesai berputar.
  6. Pindahkan cucian yang masih basah pada tabung kedua. Tabung kedua berfungsi memutar serta memeras air yang masih membasahi cucian Anda.
  7. Pindahkan cucian Anda ke mesin pengering dan gantung pakaian Anda hingga kering.

Masing-masing mesin tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk mesin 1 tabung sangat cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan yang ekstra. Harganya pun lebih terjangkau sehingga bisa dibeli oleh siapa saja. Adapun mesin dengan 2 tabung, lebih menghemat waktu dan listrik meski dibutuhkan upaya yang ekstra. Anda bisa memilih mesin mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan langkah tersebut, Anda akan mudah dan tidak bingung lagi mengoperasikan mesin cuci Anda. Anda bisa membeli kedua jenis mesin tersebut di berbagai toko elektronik yang banyak tersebar di berbagai daerah. Bila Anda merasa ribet pergi ke toko, Anda bisa memperolehnya dengan lebih mudah melalui toko online terpercaya yang bisa Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *