Pilih Kamera Mirrorless Sony A6000 atau DSLR, Mana yang Lebih Baik? Ini Dia Jawabannya

Ada banyak masyarakat khususnya penggemar fotografi yang belakangan ini jauh lebih tertarik menggunakan produk kamera mirrorless dibandingkan dengan DSLR. Mungkin masih cukup baru bagi Anda mengenai produk kamera yang satu ini, yaitu sebuah kamera yang tidak dilengkapi dengan adanya sebuah cermin, itulah mengapa ia dinamakan sebagai mirrorless. Produknya belakangan ini memang cukup bersaing dengan DSLR, bahkan lebih banyak diantara fotografer pemula yang lebih memilih mirrorless ini. Salah satu nama yang patut menjadi pertimbangan bagi Anda adalah Sony A6000.

Belakangan ini brand Sony juga tak hanya mencoba tetap eksis dengan menciptakan inovasi terbaru produk kamera DSLR, melainkan juga mencoba peruntungan dengan membuat seri kamera tanpa cermin ini, dihadirkan dalam ukuran yang kecil dan sangat cocok dipakai untuk menunjang aktivitas travelling Anda. Harga dari produk yang satu ini juga tergolong cukup murah, sehingga bagi yang memiliki budget terbatas ada baiknya mempertimbangkan produk tersebut.

Sony A6000 ini sudah cukup lama hadir di pasaran Indonesia jika Anda tertarik untuk memilikinya, bisa langsung cari di toko kamera resmi. Ada banyak sekali alasan yang membuat masyarakat sekarang ini lebih melirik kamera mirrorless dibandingkan dengan DSLR, diantaranya adalah:

Pilih Kamera Mirrorless Sony A6000 atau DSLR, Mana yang Lebih Baik

1. Kamera mirrorless ini memiliki bentuk yang lebih compact dan juga ringan dibandingkan dengan DSLR, kebanyakan diantara masyarakat cenderung memakai kamera bukan untuk mendapatkan sebuah gambar yang berkualitas dalam perjalanan mereka, melainkan lebih kepada mengabadikan sebuah moment agar tidak terlupakan, sehingga pertimbangan kenyamanan dalam membawanya juga selalu dipikirkan, apalagi jika ingin mengadakan travelling jarak jauh. Produk DSLR ini tentunya bukan pilihan terbaik untuk dipakai, karena dengan body yang besar dan juga bobot berat, membuatnya memakan lebih banyak tempat untuk dibawa. Berbeda dengan mirrorless yang jauh lebih praktis.
2. Mirrorless sudah mengcover semua teknologi yang dimiliki oleh DSLR, faktanya jika melihat dari segi fiture atau bagian pengaturannya, apa yang dimiliki oleh DSLR sebenarnya juga dimiliki oleh mirrorless apalagi jenisnya juga sangat banyak, bukan hanya produk karena saku saja, melainkan ada yang memiliki rupa layaknya DSLR pada umumnya.
3. Cara kerja mirrorless juga lebih mudah dibandingkan dengan DSLR, bagi yang masih pemula mungkin agak gagap jika diharuskan untuk menggunakan kamera DSLR, karena pengaturannya yang begitu banyak dengan fungsi yang berbeda-beda, jika sampai salah dalam mengatur maka hal ini bisa menyebabkan kualitas gambar yang didapatkan juga jelek. Berbeda dengan mirrorless. Tak banyak mekanisme atau cara kerjanya seperti DSLR, kebanyakan bisa langsung di setting dalam mode otomatis untuk mendapatkan hasil gambar berkualitas tanpa perlu terlalu banyak mengatur.
4. Kamera DSLR tidak bisa digunakan untuk live preview, berbeda halnya dengan mirrorless. Hasil gambar yang di jepret nantinya akan sama persis seperti yang Anda tangkap tersebut. Contohnya ketika ingin mengubah ukuran ISO, white balance atau yang lainnya semua akan langsung terlihat pada bagian live preview kamera tersebut. Sedangkan untuk DSLR harus mengandalkan metering terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan exposurenya.

Penting untuk mengenal beberapa hal tersebut agar tak salah pilih, apalagi untuk membeli kamera DSLR maupun mirrorless harga yang harus dikeluarkan tergolong sama. Jika ingin produk yang nyaman dibawa kemana-mana termasuk untuk menemani aktivitas travelling, ringkas dan kualitasnya mumpuni, maka bisa mempertimbangkan kamera Sony A6000 yang ada di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *