Nokia 3: Ponsel Nokia Android untuk Mereka yang Fungsional

Fungsional. Kalau diminta untuk menjelaskan kesan menggunakan Nokia 3 dalam satu kata, mungkin kata itulah yang paling mewakili ponsel satu ini. Harga HP Nokia 3 yang sekitar Rp2 juta sebenarnya sudah menjelaskan segalanya; Anda tak boleh berharap banyak dari ponsel yang satu ini. Yang boleh Anda harapkan hanyalah kenyamanan untuk dipegang satu tangan, desain yang proper, dan fungsi yang standar.

Jika Anda rindu ponsel Nokia dengan sistem operasi Android, namun sedang tak punya cukup banyak dana untuk membelinya, Nokia 3 adalah pilihan yang tepat. Sebab, HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia memang membuat Nokia 3 sebagai budget phone mereka. Sebagai ponsel termurah Nokia, harga Nokia 3 di Inggris cuma 120 pounds. Di Australia, banderol Nokia Android satu ini adalah 200 dolar Australia.

Jika Anda sedang belajar minimalisme demi meningkatkan produktivitas, Nokia 3 juga cocok jadi pilihan. Sebab, berbagai keterbatasan yang ditawarkannya membuat screen time Anda dengan ponsel tersebut jadi berkurang. Dengan demikian, adiksi Anda terhadap ponsel bisa dikikis. Produktivitas pun bisa didongkrak.

Namun, ada begitu banyak hal yang Nokia korbankan untuk memberikan Anda harga yang murah.

Pengorbanan pertama Nokia adalah kinerja prosesor. Chip quad-core yang mereka pilih termasuk mentok untuk menjalankan sistem operasi Android Nougat. Selain itu, ada jeda juga saat hendak membuka aplikasi, apalagi kalau Anda beralih membuka aplikasi lainnya sebelum menyelesaikan pembukaan sebuah aplikasi. Selain membuat aplikasi dipaksa berhenti pada beberapa kesempatan, Nokia 3 juga bisa membuat frustrasi. Jadi, kalau tidak ingin ponsel Anda lamban dan gagap sekaligus bikin frustrasi, Anda disarankan untuk downgrade sistem operasi.

Desain Nokia 3 termasuk indah. Dengan tubuh nan ramping dan bezel yang sempit, Nokia 3 cukup nyaman untuk dipegang dengan satu tangan. Layarnya berukuran 5 inci, 720 piksel dengan kerapatan 293 piksel per inci (ppi), sehingga memadai bila digunakan untuk menampilkan hal-hal penting, meskipun tidak bisa terlalu cerah. Jadi, jangan membeli ponsel ini lalu berharap bisa memamerkan foto liburan Anda yang terbaik kepada teman Anda.

Nokia menyematkan kamera 8 megapiksel masing-masing di bagian depan dan belakang. Pada dasarnya, kamera 8 megapiksel milik Nokia 3 baik-baik saja bila digunakan untuk keperluan dokumentasi biasa selama pencahayaannya cukup. Tetapi, Anda tak boleh terlalu mengharapkan warna-warna cerah atau keseimbangan eksposur ala kamera ponsel yang lebih mahal. Kalau sekadar untuk Instastory, cukup aktifkan mode HDR yang lumayan bisa diandalkan untuk mencerahkan bayangan.

Yang perlu diperhatikan adalah kondisi pencahayaan. Jangan mengambil foto dalam kondisi cahaya yang kurang, termasuk pada malam hari atau tempat yang agak remang (atau dua-duanya!). Jika nekat, Anda akan “dihadiahi” noise oleh kamera Nokia 3.

Bagaimana dengan hasil foto kamera depan Nokia 3? Lumayan. Tetapi sekali lagi, jangan coba-coba selfie dalam kondisi minim cahaya. Nanti akan ada banyak noise yang mengurangi ketajamannya.

Baterai Nokia 3 punya daya tahan sekitar 10 jam saat diuji coba. Artinya, Anda hanya dibolehkan untuk menggunakan Nokia 3 untuk keperluan mendasar, seperti cek notifikasi dan balas pesan di Whatsapp dan buka email sepanjang hari. Dengan pola seperti itu, Anda tidak perlu risau jika lupa membawa charger atau power bank kala beraktivitas seharian. Selain itu, jaga juga tingkat kecerahan layar ke bawah dan Wi-Fi dimatikan jika Anda ingin menambah jam pemakaiannya.

Pada akhirnya, Nokia 3 adalah ponsel yang fungsional. Berbagai keterbatasan yang “ditawarkan” rasanya lebih cocok untuk mereka yang sedang belajar gaya hidup minimalisme.

Kalau Anda adalah seorang gamer atau tipikal phone-addict yang tak punya niat untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap ponsel, jangan membeli Nokia 3. Akan lebih baik bagi Anda apabila mau menabung sedikit lagi untuk membeli Nokia 5, Nokia 6, atau Moto G5 demi kepuasan yang lebih baik.

 

Kumpulan Foto Nokia 3:

 

Sumber: https://review.bukalapak.com/gadget/adu-harga-nokia-3-vs-nokia-5-vs-nokia-6-mana-paling-murah-6090

Ilustrasi: Cnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *