Mengapa Komputer Anda Lemot

KomputerKomputer lemot memang sering kali membuat jengkel penggunanya. Bagi anda yang berkecimpu atau yang beraktifitas menggunakan komputer, padahal sedang diburu deadline kerjaan. Tetapi jangan terburu termakan emosi. Berikut info yang dapat saya berikan mengapa komputer anda lemot, penyebab lemot bisa bermacam-macam.

Secara umum kinerja sebuah komputer akan menurun jika kapasitas memorinya sudah mendekati penuh. Saat anda menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, sebab beban memori utama akan bertambah. Memori itu yang kita kenal dengan Random Access Memory (RAM). Salah satu komponen ini merupakan, komponen penting selain processor. Aplikasi yang dijalankan oleh processor diambil langsung dari memori utama. Sementara memori utama yang ada pada komputer anda berkapasitas kecil, itu jelas mempengaruhi kinerja komputer anda secara keseluruhan.

Selain hal itu, masih banyak hal yang mempengaruhi kinerja komputer anda. Mari kita simak apa saja!!
•    Banyaknya add-ons di browser yang anda gunakan.
Ketika pekerjaan anda menuntut untuk aktif di dunia maya, maka aplikasi web browser tentunya yang sering kali anda gunakan. Terkadang, untuk alasan tertentu anda membutuhkan fungsi tambahan yang secara default tidak tersedia oleh browser yang anda gunakan. Fungsi tambahan tersebut biasa digunakan melalui add on. Tetapi perlu diingat pastikan anda tidak menggunakan add on yang tidak anda perlukan karena hal ini akan turut menambah beban memori yang pada akhirnya membuat komputer menjadi lemot.

  • Kapasitas hardisk yang mendekati full.
    Pastinya ketika harddisk anda mendekati penuh, komputer akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk membuka file-file yang tersimpan di harddisk tersebut, jadi wajar jika proses loading akan menjadi lebih lama.
  • Memori Utama.
    Seperti halnya yang sudah saya sebutkan di atas, memori utama merupakan salah satu komponen paling penting selain processor dalam komputer. Apabila memori utama komputer anda kecil, sebaiknya tidak membuka aplikasi terlalu banyak secara bersamaan karena hal ini bisa membuat komputer anda hang atau ngebleng.
  • Terkena Virus.
    Virus merupakan musuh yang paling menjengkelkan, selain dapat merusak file-file penting kita, program virus ini juga bisa membuat komputer kita menjadi lemot. Untuk mencegah hal ini pastikan anda menginstall antivirus yang tepat serta selalu update antivirus tersebut.
  • Banyak program yang dibuka.
    Multi-tasking memang sangat membantu menjadi alternatif jika anda dituntut untuk mengerjakan dengan cepat, dengan membuka program secara banyak dan sekaligus. Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya membuka banyak aplikasi. Anda tentunya harus memahami spek komputer yang Anda gunakan sebelum membuka terlalu banyak program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *