Inilah Dampak Perkembangan Teknologi dari Beragam Aspek

Perkembangan teknologi di zaman yang serba modern ini memang sudah tidak dapat terbendung lagi. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang inovasi yang terus muncul mau tidak mau pun akhirnya menjadikan teknologi adalah kebutuhan untuk semua orang. Dengan adanya teknologi, maka tak heran jika segala aktivitas pun kini bisa jadi lebih mudah. Semuanya bisa diwakili dengan teknologi bahkan mulai dari hal yang paling sederhana sekalipun.

Teknologi yang berkembang memang memberikan dampak yang amat terasa. Dalam semua hal, pasti akan selalu ada dampak berupa positif dan juga negatif. Begitu juga dengan adanya teknologi yang juga berdampak positif dan negatif. Berikut ini beberapa dampak teknologi berkembang di dari ragam aspek kehidupan:

  • Dampak di aspek ekonomi

Pengaruh teknologi kepada dunia ekonomi sangatlah banyak. Ekonomi cenderung berhubungan dengan adanya permintaan dan juga penawaran. Dampak positif adanya teknologi ini bisa dilihat dari adanya pertumbuhan ekonomi yang kian tinggi. Selain itu, teknologi juga mampu menumbuhkan industrialisasi di berbagai bidang. Bahkan jika dilihat kembali maka produktivitas usaha pun kian berkembang serta mampu membuka banyak lapangan kerja. Meski begitu, ada juga dampak negatif dari teknologi ini diantaranya adalah dengan persaingan yang kian ketat, banyaknya usaha yang harus gulung tikar karena tidak mampu mengikuti teknologi yang berkembang hingga adanya penyalahgunaan pengetahuan.

  • Dampak di aspek politik

Dampak dari perkembangan teknologi tak hanya ada di aspek ekonomi saja, namun juga di aspek politik. Dampak positifnya adalah dengan kemajuan demokratisasi yang ada dimana semua orang kini memiliki hak secara bebas untuk bisa berpendapat. Selain itu dalam hal penyampaian informasi pun juga kini lebih efisien, cepat serta nyaman. Namun ada juga dari segi dampak negatif karena kebebasan dalam berpendapat ini kadang memunculkan berita hoax dan fitnah yang mudah tersebar dan bahkan mampu mengganggu kedaulatan.

Baca Juga: Cara Menyikapi Perkembangan Teknologi dengan bijak

  • Dampak di aspek sosial

Aspek sosial seolah yang paling terasa dampaknya. Untuk segi dampak positifnya adalah dimana informasi terbuka luas untuk semuanya. Selain itu rasa solidaritas pun mudah tumbuh dengan keterbukaan informasi sehingga bisa meningkatkan simpati dan empati. Dengan adanya teknologi, banyak masyarakat pun berusaha memacu dirinya untuk bisa meningkatkan kualitas di dirinya. Namun tetap saja ada dampak negatif dimana munculnya bullying. Selain itu, kesenjangan sosial pun jadi kian besar dan bahkan kadang tidak adanya privasi.

Itulah beberapa dampak perkembangan teknologi dari ragam aspek kehidupan. Sebetulnya dapat diakui juga jika teknologi ini memang mempengaruhi semua lini kehidupan. Namun ada baiknya untuk menggunakan teknologi secara bijak dan tidak mengolah informasi yang ada secara mentah, terlebih ketika sumbernya tidak jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *