Gunakan Drone untuk Foto dari Atas Bangunan, Ini Jenis dan Tips Memilihnya

Teknologi pengambil gambar telah berkembang sangat pesat. Selain kamera saku dan kamera DSLR, kini hadir teknologi drone. Dengan drone, kamu bisa mengambil foto dari atas bangunan dari ketinggilan. Sebelum kamu mencari tahu drone murah terbaik dan berbagai rekomendasi lainnya, ada baiknya kamu kenali dulu jenis drone dan tips memilihnya. Simak ulasan ini, ya!

Jenis-jenis drone

Secara umum, drone dapat dibagi berdasarkan ukuran, berat, serta kemampuan kameranya. Ada drone yang hanya untuk sekadar hobi hingga drone yang digunakan secara profesional. Semakin besar kemampuan yang miliki, semakin mahal juga harganya.

 

Drone mini

Drone mini menjadi drone yang memiliki harga paling murah. Drone ini cocok untuk kamu yang masih pemula di bidang ini. Sesuai dengan namanya, drone ini berukuran kecil, yaitu hanya selebar telapak tangan. Oleh karena itu, kamu bisa menerbangkannya di dalam ruangan. Namun, karena ukurannya yang kecil, kamu harus berhati-hati saat menerbangkannya di luar ruangan. Pasalnya, drone ini kurang tahan terhadap angin sehingga jika ada angin yang cukup kuat, drone akan mudah oleng dan sulit untuk digerakkan kembali. Bahkan, ada kemungkinan drone akan jatuh. Mengingat pengoperasian drone cukup rumit, bila kamu pemula, kamu bisa mencoba menggunakan drone mini ini terlebih dahulu untuk mengasah kemampuanmu.

Drone untuk hobi

Dibandingkan dengan drone mini, drone jenis ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Drone dengan ukuran ini banyak dijual di toko online sehingga kamu bisa dengan mudah membelinya untuk latihan. Untuk drone hobi, ada drone yang dapat diterbangkan di luar ruangan dan ada pula yang dilengkapi dengan kamera untuk mengambil foto dari udara.

 

Drone pribadi

Drone jenis ini dikhususkan untuk kamu yang sudah terbiasa menggunakan drone ataupun sudah profesional dalam menggunakan drone. Drone ini memiliki harga yang cukup mahal, mulai dari satu jutaan hingga puluhan juta. Ukuran drone ini sama dengan kertas A4 hingga A3. Semakin mahal harga drone ini, kualitas yang dimilikinya pun semakin baik. Drone berharga mahal biasanya dilengkapi dengan kamera full HD (High Definition) hingga resolusi 4K (resolusi tertajam yang ada saat ini). Selain itu, drone berharga mahal biasanya juga dilengkapi dengan FPV (First Person View), yaitu fitur yang memungkinkan pilot melihat apa yang ditangkap oleh kamera drone secara real time (langsung pada saat itu juga). Drone jenis ini juga memiliki fungsi autonomous flight (terbang dengan sendirinya) sehingga kamu bisa dengan bebas menerbangkannya.

 

Drone untuk profesional

Drone ini berukuran cukup besar dan banyak digunakan oleh para profesional untuk bidang tertentu. Tidak hanya berfungsi menangkap gambar saja, drone ini juga bisa dipakai untuk mengangkut barang, menyemprotkan bahan kimia, hingga memetakan tanah, lho. Tidak hanya kamera, kamu juga bisa memasang barang lain pada drone ini bergantung pada fungsi dan kegunaannya. Selain itu, drone ini ada yang dilengkapi dengan fungsi autonomous navigation system (sistem navigasi tersendiri) maupun fungsi autoflight (terbang secara otomatis).

 

Tips memilih drone

Ada banyak pilihan drone. Bagaimana sebaiknya memilih drone yang sesuai? Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Berikut tips memilih drone yang perlu kamu tahu.

Pertimbangkan tujuan pemakaian drone

Sebelum memutuskan untuk membeli drone, pastikan terlebih dahulu kamu tahu apa yang akan kamu lakukan dengan drone tersebut. Bila kamu membeli drone untuk keperluan berlatih, belilah drone mini dahulu. Namun, bila kamu ingin menggunakannya untuk mengambil gambar atau kebutuhan di bidang tertentu, pilihlah yang fiturnya mendukung kebutuhanmu.

Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa menggunakan drone yang memiliki kemampuan one key go home function untuk berlatih. Ada kasus drone mengalami kecelakaan karena gelombang elektromagnetik yang tidak sampai. Ketika hal ini terjadi, kamu cukup menekan satu tombol saja (one key go home function) dan secara otomatis drone akan terbang pulang ke tempat semula. Untuk kamu pengguna drone yang sudah mahir, kamu bisa coba menghasilkan gambar dengan drone yang dilengkapi fitur Auto Object Tracking Module (AOTM). Fitur ini berfungsi mengenali obyek tertentu secara otomatis sehingga akan memudahkanmu dalam mengambil gambar.

 

Pertimbangkan dana yang kamu miliki

Drone berukuran kecil yang dipakai para pemula maupun hanya untuk sekadar hobi bisa kamu miliki dengan harga di bawah satu juta rupiah. Namun, drone yang dipakai untuk tujuan khusus tentu harganya lebih mahal hingga puluhan juta. Bila kamu mencari yang sedang-sedang saja, pertimbangkan fitur yang drone tersebut miliki dengan kebutuhanmu dalam menggunakan drone.

Itulah jenis dan tips memilih drone. Bagaimana? Sudah tahu kamu akan membeli drone yang seperti apa? Bila masih bingung, baca juga rekomendasi drone untuk pemula berikut, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *