Cara Kerja GPS Alat Navigasi Yang Berguna Saat Ini

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System yang pengertiannya adalah sistem untuk menentukan suatu posisi di permukaan bumi yang didukung penyelaras sinyal satelit. Sistem ini dikirimi gelombang mikro ke bumi menggunakan 24 satelit. Lalu sinyal akan diterima oleh suatu alat penerima pada permukaan bumi yang digunakan untuk mengetahui waktu, arah, letak dan kecepatan di permukaan bumi.

Cara Kerja GPS Alat Navigasi Yang Berguna Saat Ini

NAVSTAR GPS adalah Departemen pertahanan Amerika Serikat yang mengembangkan sistem GPS ini. 50th Space Wing Ankatan udara Amerika Serikat yang mengurus kumpulan satelit ini.  Untuk segala sesuatu mengenai sateliti akan membutuh dana sekitar US$750 juta per tahun untuk biaya perawatan satelit termasuk penggantian satelit lama, riset, dan pengembangan.

Untuk pengguna yang ingin melacak posisi kendaraan anda kita menggunakan teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang biasanya kita sebut dengan GPS Tracking. GPS Tracking merupakan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menerjemahkan dalam bentuk peta digital dengan penentuan kordinat dari sebuah obyek. Penentuan koordinat sebuah lokasi memerlukan perhatian dari akurasi. Tingkat akurasi merupakan koordinat posisi akan selalu memiliki ‘faktor kesalaha’ misalnya saja alat tersebut memperlihatikan ada sebuah titik koordinat dengan akurasi 5 meter, hal ini memiliki arti posisi sebenarnya bisa berada di mana saja dalam radius 5 meter dari titik koordinat (lokasi) tersebut.

Baca Juga : Pertimbangan untuk Memilih GPS Tracker yang Terbaik  

Jadi semakin kecil angka akurasi GPS yang ditunjukkan (artinya akurasi makin tinggi), maka posisi alat menjadi semakin tepat. Harga alat juga akan mahal sesuai dengan kenaikan tingkat akurasi yang dapat dicapai alat. Tingkat akurasi dalam pemakainnya di kehidupan sehari-hari akan dipengaruhi oleh benda disekitar sehingga dapat mengurangi kekuatan sinyal satelit. Hal ini dikarenan satelit tidak dapat menembus benda dengan kerapatan tinggi dengan baik, jadi untuk menggunakan alat ini penting untuk menggunakannya di bawah langit yang luas. Jika anda berada dilembah yang sangat dalam (misal, akurasi 20 meter), maka tingkat akurasinya akan jauh lebih rendah dibanding di padang rumput (misal, akurasi 5 meter). Jika anda berada di padang rumput atau puncak gunung maka alat akan menjangka jumlah satelit yang akan jauh lebih banyak dibanding dari sebuah lembah gunung.

Sinyal satelit GPS sangat dibutuhkan oleh alat navigasi karena alat navigasi akan bekerja jikalau mendapat sinyal satelit. Alat navigasi berbasis satelit ini tidak dapat bekerja maksimal jika terjadi gangguan pada sinyal satelit. Ada banyak hal yang dapat mengurangi kekuatan sinyal satelit seperti kondisi geografis, di dalam hutan yang lebat, di dalam air yang sangat dalam, di dalam kaca film mobil atau sesuatu yang mengandung metal, diletakkan didekat alat yang mengeluarkan elektromagnetik, di dalam gedung bertingkat tinggi. Apalagi diantara 2 gedung tinggi akan membuat efek seperti berada dilembah, dan saat sinyal memantul karena terlalu banyak gedung tinggi berdekatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *