Aplikasi Penolong Tuna Netra Lewat Video Chat

be-my-eyes_screenTeknologi kini semakin dikembangkan tak hanya untuk mempermudah pekerjaan diri sendiri, namun juga membantu orang lain yang membutuhkan. Termasuk bagi penyandang tuna netra alias orang buta. Beberapa hari lalu di Copenhagen, Denmark telah dirilis sebuah aplikasi ‘Be My Eyes’ yang dapat digunakan di iPhone atau iPad. Aplikasi ini membuat Anda mampu membantu tuna netra untuk melihat.

Cara kerjanya pun mudah. Jika Anda penyandang tuna netra, Anda bisa mendaftar di layanan tersebut dalam kategori ‘I am Blind’. Sedangkan jika Anda bisa melihat dan ingin membantu mereka yang tuna netra untuk melihat, Anda bisa mendaftar sebagai ‘I am Sighted’. Ketika ada seorang tuna netra yang membutuhkan bantuan—entah memilih pakaian, menunjukkan jalan ke luar di tempat baru, atau mengoperasikan software terbaru di komputer, Anda yang bisa melihat akan mendapat notifikasi dan langsung terhubung dengan pihak yang membutuhkan bantuan.

Untuk menghindari adanya penyalahgunaan sistem, kedua belah pihak bisa saling melaporkan apabila hal tersebut terjadi. Jika laporan yang diterima sudah cukup banyak, maka pihak yang dilaporkan tersebut sudah tak bisa lagi terhubung dan menggunakan aplikasi ini.

Hingga saat ini ada lebih dari 17.800 orang melihat dan 1.500 tuna netra yang telah menggunakan aplikasi ini. Be My Eyes juga telah menghubungkan 2.900 pasang tuna netra dan orang melihat sejauh ini. Be My Eyes masih terbatas hanya bagi para pengguna perangkat iOS. Pengguna Android yang juga ingin menjajal aplikasi ini harap bersabar sampai aplikasi ini dirilis dalam sistem operasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *