Apa Saja Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik?

Bank Indonesia sedang melakukan kampanye transaksi non tunai. Berbagai macam cara dilakukan oleh Bank Indonesia. Sejak beberapa waktu lalu, kampanye untuk melakukan transaksi non tunai cukup gencar dilakukan. Bank Indonesia berharap semakin banyak masyarakat yang mengenal transaksi non tunai yang dapat meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat. Jika dibandingkan dengan negara lain, pelaksanaan transaksi non tunai di Indonesia dapat dibilang rendah. Kini pihak Bank Indonesia sendiri meluncurkan uang yang berbentuk elektronik. Dengan menggunakan uang elektronik, kita diharapkan akan mendapatkan keuntungan banyak.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik?

Kartu Kredit

  • Sistem pembelian praktis

Kartu kredit seperti Visa dan Master card memiliki jaringan luas yang bisa digunakan untuk berbelanja secara online seperti di situs Ebay dan Amazon. Sejauh ini baru kartu kredit yang dengan bisa digunakan di situs ini. Alat pembayaran lain seperti Paypal rasanya belum banyak di Indonesia.

  • Banyak program menguntungkan

Dengan menggunakan kartu kredit Anda dapat memiliki berbagai barang impian, mulai dari pakaian, barang elektronik, gawai, dan lain sebagainya. Para pengguna kartu kredit biasanya mengambil kredit untuk produk tertentu dengan jangka waktu 6 bulan. Anda juga bisa mendapatkan diskon tertentu dari suatu merek atau program toko yang bekerjasama dengan pihak penyedia kartu kredit.

Kartu Prabayar

  • Pembayaran mini market

Akan menjadi sangat mudah apabila berbelanja menggunakan uang elektronik karena Anda tidak perlu membawa uang banyak. Beberapa jenis minimarket seperti Alfamart dan Indomaret juga menerima pembayaran dengan kartu prabayar. Transaksi pun menjadi lebih cepat karena Anda hanya perlu menempelkan kartu pada mesin dengan teknologi Near Field Communication.

  • Pembayaran transportasi umum

Umumnya, masyarakat kota seperti Jakarta yang menggunakan KRL tidak memiliki uang elektronik. Inilah yang menyebabkan antrian panjang di loket pembelian maupun pengembalian kartu tiket. Namun, dengan jenis uang ini sebenarnya akan menjadi keuntungan bagi Anda karena loket pembelian tiket dan kartu tersebut terpisah sendiri dan transaksinya relatif lebih cepat.

Manfaat Lain

Selain dari manfaat penggunaan kartu prabayar dan kartu kredit di atas, uang elektronik juga memiliki kelebihan atau manfaat lain. Pertama, lebih hemat. Jenis uang ini biasanya sudah diisi deposit dengan jumlah tertentu. Jadi, uang yang kita keluarkan mau tidak mau tidak boleh melebihi banyaknya uang yang tersimpan di dalamnya.

Manfaat kedua adalah lebih aman. Meskipun kita memiliki uang banyak, tidak aka nada penjahat yang dapat mencurinya, karena apa? Karena uang kita tidak kita bawa dalam bentuk fisiknya, melainkan dalam bentuk kartu yang bisa digunakan untuk segala transaksi. Yang ketiga adalah lebih efisien. Dengan menggunakan uang jenis ini dapat membantu pemerintah untuk lebih mengefisien produksi atau pengadaan uang secara tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *