10 Fakta Mouse Komputer

MousePiranti pendukung kinerja komputer maupun laptop ini memiliki fakta-fakta menarik yang patut Anda ketahui. Yuk, cari tahu apa saja kisah dibalik alat kecil satu ini agar Anda tak hanya sekadar bisa menggunakannya saja!

1. Diciptakan oleh Douglas Engelbart pertama kali tahun 1963.

2. Mouse pertama diciptakan dengan bahan kayu, papan sirkuit, dan dua buah roda logam yang tidak bersentuhan langsung dengan papan yang ada.

3. Nama awalnya bukanlah ‘mouse’ melainkan ‘X-Y Position Indicator’. Nama ini muncul karena pada saat itu alat ini digunakan untuk mencari letak posisi X dan Y pada sebuah komputer.

4. Nama mouse dipilih karena piranti ini bentuknya menyerupai seekor tikus dengan kabelnya yang diumpamakan seperti ekor.

5. Douglas Engelbart tidak pernah menikmati keuntungan dari hak paten mouse yang ia ciptakan. Ini dikarenakan masa paten mouse yang keburu kadaluarsa sebelum akhirnya benda ini mulai banyak digunakan di hampir setiap komputer.

6. Di tahun 1984, seseorang kolumnis komputer bernama John C. Dvorak mengkritik adanya penemuan mouse ini. “Tidak ada bukti bahwa orang-orang ingin menggunakan benda ini,” begitu ujarnya.

7. Empat jenis mouse yang pernah diciptakan yaitu mouse serial, mouse PS/2, mouse USB, dan yang paling mutakhir adalah mouse wireless yang tak memerlukan kabel dalam penggunaannya.

8. Mouse USB atau optical mouse mampu memancarkan gelombang elektromagnetik yang radiasinya bahkan lima kali lebih besar ketimbang radiasi handphone.

9. Namun demikian, beberapa mouse berkualitas tinggi telah dilengkapi dengan shield alias pelindung yang mampu melindungi pergelangan tangan dari efek radiasi.

10. Mouse Rage Syndrome (MRS) adalah istilah yang diciptakan ketika seorang melampiaskan kekesalahnya akibat koneksi internet yang lambat atau banyaknya iklan pop-up di sebuah situs dengan cara membanting bahkan melempar mouse. Padahal apa yang mereka lakukan sebenarnya tidak menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *