Tidak Punya Oven? Ini Dia Resep Kue Bolu Tanpa Oven

Rezamoch

Tren kue di pasaran boleh saja berganti tetapi kue bolu tidak akan pernah tergantikan. Ya, kue yang satu ini akan selalu disukai banyak orang dan akan selalu tersedia di berbagai toko kue. Rasanya memang sederhana, begitu pula bentuknya. Namun, entah mengapa kue bolu ini terasa sangat ringan saat dimakan. Lagi pula, proses pembuatannya pun mudah, seperti cara membuat bolu ketan hitam misalnya.

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/resep-bolu-kukus-ketan-hitam-variasi-bolu-enak-yang-selalu-jadi-favorit-27766

Nah, kamu ingin menyantap bolu sebagai camilan di waktu luang? Namun, bagaimana kalau kamu tidak memiliki oven? Tidak masalah, karena kamu bisa membuat bolu dengan menggunakan teflon. Yuk, simak caranya di sini.

Bahan-bahan

Hanya memerlukan beberapa bahan sederhana untuk bisa membuat bolu kukus yang lezat dan tidak bantat di teflon. Nah, berikut bahan-bahannya.

– 4 butir telur, gunakan semua

– Minyak goreng secukupnya

– Gula pasir

Baking powder

– Pewarna makanan sesuai selera (boleh tidak digunakan)

– Sukade/kismis

– Mentega

Cara Membuat

Pertama-tama, masukkan telur, gula, serta mentega. Kemudian, aduk-aduk hingga tercampur dengan sempurna menggunakan mixer.

Mengapa sebaiknya kamu menggunakan mixer? Karena kecepatan adukan mixer sangatlah konsisten dan membuat bolu menjadi cepat mengembang.

Kemudian, masukkan tepung terigu dan juga baking powder. Baking powder sangatlah penting dalam pembuatan segala jenis kue termasuk kue bolu. Pasalnya, kue yang tidak menggunakan baking powder akan terlihat bantat dan tidak dapat mengembang dengan sempurna bentuknya pun akan aneh dan teksturnya juga tidak renyah.

Setelah itu, masukkan bolu ke dalam teflon. Sebaiknya kamu menggunakan teflon yang cekung dan tidak terlalu datar supaya nantinya bolu tidak akan tumpah ke mana-mana sebelum dimasukkan ke dalam teflon. Nah, sebelum bolu dituangkan ke dalam teflon, masukkan dulu pewarna makanan sesuai selera dan juga isian seperti sukade atau kismis.

Panggang dengan api sedang. Jangan lupa untuk menutup bagian atas teflon supaya bolu lebih mengembang, nah cek secara berkala. Apakah bolu sudah matang atau belum? Bila belum, kamu bisa menunggunya. Namun, bila sudah, kamu bisa mematikan api dan kemudian menyajikan bolu di piring.

Nah, itulah resep kue bolu tanpa menggunakan oven mudah sekali bukan? Memang harus diakui, oven dapat memudahkan kamu dalam memanggang bolu dan membuat pembakaran bolu lebih konsisten. Namun, bila kamu berhati-hati dalam memanggang menggunakan teflon, maka bolu pun bisa tetap mengembang dengan baik dan juga memiliki rasa yang lezat.

Nah, apa perbedaan antara kue bolu dengan bolu kukus? Perbedaannya adalah pada proses pemasakan. Kue bolu kukus dibuat dengan cara memasukkan adonan kue ke dalam cetakan-cetakan kecil yang kemudian ditaruh di tempat kukusan lalu ditutup sehingga tekstur bolu akan lebih basah dan legit. Selain itu, bolu kukus juga tidak menggunakan mentega dalam pembuatannya. Jadi, rasanya pun akan jauh lebih manis dan tidak memiliki rasa gurih asin seperti layaknya kue bolu.

Dalam bolu kukus biasanya juga digunakan pewarna makanan yang diteteskan secara acak supaya pada saat kue mengembang nanti, warnanya pun akan menyerupai bercak-bercak seperti bolu kukus yang biasa kita temui di pasar dan di toko kue.

Jadi, kamu sudah tahu bukan, bagaimana cara membuat kue bolu atau bahkan bolu kukus tanpa menggunakan oven? Ternyata, caranya sangat mudah sekali dan tidak perlu memakan waktu lama. Jadi, kamu bisa berkreasi di dapurmu tanpa bingung karena peralatan yang terbatas. Selama kreativitasmu tak terbatas, maka segala jenis makanan pun dapat kamu eksplorasi dengan baik. Selamat menghasilkan berbagai jenis masakan yang lezat di dapurmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *