Resep Kue Nastar Coklat nan Lembut

Kue nastar sebenarnya adalah kue kering berisi selai nanas. Kue kering ini biasanya disajikan pada momen hari raya Idul Fitri (Lebaran) sehingga cara bikin kue nastar identik sebagai “resep Lebaran”.

Ada cerita seru yang menarik dibagikan sebelum memberitahu resepnya.

Ada beberapa versi mengenai penamaan kue nastar. Ada yang bilang, kue ini berasal dari dua kata dalam bahasa Belanda, yaitu annanas atau ‘nanas’ dan taart atau ‘tar’ sehingga bisa diartikan sebagai ‘tar nanas’. Versi kedua, nama nastar berasal dari kata nastaart yang berarti ‘kue nanas’. Dalam bahasa Inggris, kue nastar disebut pineapple tarts atau pineapple nastar roll yang populer saat merayakan Natal atau Lebaran.

Konon katanya, kue ini terinspirasi dari kue pie buatan orang Eropa dengan isian buah blueberi dan apel. Tapi, karena di Indonesia saat itu sulit menemukan kedua buah tersebut, orang Indonesia menggunakan buah nanas yang memang tumbuh di negara tropis. Nastar dari Indonesia punya bentuk cenderung lebih kecil daripada pie atau kue tar Eropa secara umum.

Bukan hanya itu, nastar pun dijadikan makanan khas setiap ada perayaan Imlek. Sebab, ia memiliki arti dan simbol khusus bagi etnis Tionghoa. Dalam Bahasa Hokkian, nastar diartikan sebagai ong lai (buah pir emas) yang berarti ‘kemakmuran datang kemari’, ‘rezeki’, dan ‘keberuntungan datang’. Selain itu, warna emas, rasa manis, dan tekstur selain nanas nan lembut melambangkan rezeki yang manis sekaligus melimpah.

Seiring majunya teknologi dan pengetahuan, kue ini sudah dikembangkan dalam berbagai varian rasa, seperti stroberi, blueberi, dan keju. Nastar yang dahulu dinobatkan sebagai kue rumahan juga kini sudah “jalan-jalan” di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan dalam kemasan wadah plastik. Hmm…jadi semakin bingung akibat banyak pilihan, deh.

Salah satu varias nastar yang jadi primadona adalah kue nastar coklat. Oh ya, nastar cokelat nan lezat ini pertama kali diperkenalkan oleh Pak Sahak Pribadi dan menjadi terkenal di seluruh Indonesia. Selain rasanya yang enak dan lezat, bentuk unik yang seperti buah manggis juga menjadi ciri khas nastar cokelat.

Bahan Kue Nastar Cokelat

Bahan A

  • 250 gram gula palem
  • 100 gram margarin
  • 200 gram butter
  • 1 putih telur
  • 3 kuning telur
  • 1/4 sdt garam

Bahan B

  • 30 gram tepung maizena
  • 425 gram tepung terigu
  • 50 gram coklat bubuk pekat
  • 25 gram susu bubuk

Bahan C

  • Selai Nanas homemade. Bisa juga beli selai nanas yang sudah siap saji di supermarket.

Cara Buat Kue Nastar Cokelat

  1. Aduklah bahan A memakai mixer dengan kecepatan rendah hingga benar-benar merata.
  2. Campur bahan B, lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam bahan A sambil di aduk rata dengan menggunakan sendok kayu besar.
  3. Setelah itu, ambil adonan kira-kira sebanyak 1 sendok teh. Pipihkan adonan, lalu isi bagian tengahnya dengan isian bahan C. Bentuklah adonan sesuai selera.
  4. Setelah selesai, taruh adonan-adonan yang telah dibentuk ke atas loyang. Berilah jarak antar kue sehingga satu kue tidak menyatu dengan kue lainnya.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang dengan suhu 150 derajat Celcius. Waktu pemanggangan nastar cokelat tidak perlu terlalu lama, cukup lakukan selama kurang lebih 20-30 menit sampai benar-benar matang.
  6. Begitu selesai, angkat dan dinginkan nastar cokelat sejenak. Simpan nastar cokelat di dalam toples atau dalam wadah yang berkedap udara.

Catatan:

Jika kalian terlalu repot untuk membuat selai nanas dari buah nanas langsung, kalian bisa menggantinya dengan selai nanas siap saji yang beredar di supermarket terdekat. Namun, karena selai nanasnya bersifat siap saji atau instan, sebaiknya keringkan dulu selai nanas tersebut ke dalam penggorengan agar sewaktu-waktu selai di dalamnya tidak menjamur.

Untuk tingkat kematangan di dalam oven, bisa kalian perkirakan waktu perkiraan matangnya karena setiap oven mempunyai kondisi kematangan yang berbeda.

Membuat kue nastar atau kue apa pun memang tidak semudah yang dikira. Tapi percayalah, dengan ketelitian dan ketelatenan, membuat kue yang enak bukan lagi jadi impian, melainkan bisa jadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *