Produksi Asi Tidak Lancar? Minum Susu Almond

Asi memang memiliki peran penting bagi anak. Selain sebagai sumber nutrisi atau makanan utama bagi si buah hati ketika bayi, asi juga dapat memberikan manfaat-manfaat lain yang dapat mendukung tumbuh kembang bayi. Namun, kendalanya adalah tak sedikit ibu menyusui yang kesulitan memberikan asi karena produksi asinya yang sedikit. Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Ya, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketidaklancaran produksi asi adalah dengan kacang almond.

Kacang almond memiliki berbagai macam kandungan yang baik bagi Anda yang sedang menyusui. Ingin tahu manfaat apa saja yang dapat diberikan dari kacang almond pada ibu menyusui? Baca di https://review.bukalapak.com/mom/bu-ini-5-manfaat-kacang-almond-yang-baik-untuk-produksi-asi-48234.

Kacang almond tidak hanya baik bagi ibu menyusui, tetapi juga baik bagi siapa pun yang memakannya. Kacang almond mengandung berbagai vitamin, antara lain, vitamin B kompleks, vitamin E, asam lemak, dan protein yang tinggi. Berbagai vitamin B kompleks yang terdapat dalam kacang almond adalah vitamin B1, B2, dan B3. Vitamin B kompleks dalam kacang almond dapat berguna untuk menambah energi dalam tubuh, membuat sistem syaraf menjadi lebih sehat, melancarkan buang air besar, dan menjaga kolesterol dalam tubuh.

Sementara itu, untuk vitamin E yang terkandung dalam kacang almond berguna untuk kesehatan kulit, dapat membantu melancarkan peredaran darah, dan menjaga kekebalan tubuh seseorang. Almond juga memiliki kandungan lain, yaitu asam lemak yang terdiri atas omega 3, omega 6, dan omega 9. Ketiga kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menyehatkan jantung serta mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh.

Bagi Anda yang sedang menyusui, mengonsumsi kacang almond mampu melancarkan produksi asi, menghasilkan produksi asi yang berkualitas, membantu perkembangan otak si kecil, dan masih banyak manfaat lainnya. Bagaimana? Tak diragukan lagi, kan, kalau kacang almond sangat baik bagi Anda yang mencari cara untuk melancarkan produksi asi. Karena manfaatnya itu, tak mengherankan jika harga kacang almon lebih mahal dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Untuk mengonsumsi kacang almond, Anda dapat memakannya secara langsung atau mengolahnya dalam berbagai cara, seperti diolah menjadi kue, cokelat, kue basah, atau diolah menjadi susu. Jika Anda ingin memperlancar asi, sebaiknya minumlah susu almond. Selain dapat membelinya, Anda juga dapat membuat susu almond sendiri. Caranya mudah sehingga dapat Anda praktikkan sendiri di rumah.

Resep Membuat Susu Almond

Sebelum membuatnya, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat susu almond adalah sebagai berikut:

  • 1 liter air mineral
  • 150 gram kacang almond mentah
  • 150 ml gula cair
  • kain khusus atau saringan untuk menyaring susu

Selain bahan-bahan pokok di atas, Anda juga dapat menambahkan bahan pelengkap, yaitu chia seed secukupnya dan 2 sampai 3 sendok makan bubuk cokelat apabila Anda menginginkan rasa cokelat.

Langkah-Langkah Membuat Susu Almond

Setelah bahan-bahannya sudah siap, tiba saatnya membuat susu almond. Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat susu almond tersebut.

  1. Rendamlah kacang almond dengan air matang selama 6 hingga 8 jam.
  2. Kemudian, tiriskan kacang almond yang sudah direndam.
  3. Haluskan kacang almond dengan menggunakan blender. Ketika memasukkan almond dalam blender, campurkan 1 liter air mineral.
  4. Kemudian, saring sari kacang almond dengan menggunakan kain khusus agar penyaringan dapat lebih mudah dan cepat.
  5. Setelah terpisah dari ampas almond, tambahkan gula cair pada air susu almond apabila Anda menginginkan rasa manis. Anda juga bisa menambahkan 1 sampai 3 sendok teh untuk 1 liter air susu almond.
  6. Aduk hingga merata dan susu almond siap disajikan.
  7. Anda juga bisa menambahkan chia seed pada susu almond tersebut agar susu lebih sehat.

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat susu almond? Susu almond bisa bertahan sampai 3 hari asalkan disimpan dalam kulkas. Sementara pada suhu biasa, susu almond hanya mampu bertahan sampai 4 jam saja. Jadi, jika susu almond sudah siap, sebaiknya langsung diminum atau dimasukkan dalam kulkas agar bisa bertahan lebih lama.

Sumber Gambar

bp.blogspot.com

khasiatsehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *