Ingin Disayang Pasangan? Coba Resep Kue Kering Modern Homemade ini!

Cinta memang banyak bentuknya, salah satunya pemberian yang dibuat dari hasil tangan sendiri. Kalo mendengar kata homemade, yang tersirat di benak biasanya adalah handcraft (barang kerajinan tangan) dan berbagai jenis kudapan/kue. Namun kali ini kita akan bahas yang kedua saja ya.  Ngomong-ngomong soal kue, apalagi kue kering, jadi ingat momen lebaran ya (yah walaupun lebarannya masih lama, hehe). Kue apa yang sering kamu makan ketika lebaran? Nastar? Kastengel? Putri Salju? Hm…

Tapi sepertinya sudah terlalu banyak panduan cara membuat kue nastar, kastengel, maupun putri salju yang bisa kamu temukan ya. Jadi kali ini, aladintips akan kasih resep kue kering modern lain yang bisa kamu coba. Uniknya, resep kue kering yang akan kita bahas kali ini selain enak juga sehat loh! Karena kita akan coba buat kue dari buah yang terkenal banyak sekali manfaatnya. Ada yang bisa tebak? Hah? papaya? Bukan dooong, hehe.. Kali ini kita akan manfaatkan kurma sebagai salah satu bahan kue kering. Penasaran? Yuk simak!

Resep kue kering modern kali ini kita beri nama:

Dates filled sandwich cookies

Dari namanya, kayaknya kamu udah mulai bisa menebak seperti apa bentuknya ya. Karena ada kata sandwich, berarti aka nada sesuatu yang ditumpuk, dengan isian di dalamnya. Duh, daripada kelamaan ngebayangin, langsung aja kita kasih tau bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

1 cangkir mentega (kira-kira 500 gram)
2 gelas berisi gula merah
2 butir telur (piih yang agak besar
2 sdt ekstrak vanili
3,5 cangkir tepung serbaguna
1 sdt bubuk kue
1 sdt soda kue

Bahan untuk isi:

2 cangkir kurma, cincang. (kira-kira 100 gram, atau sesuai selera)
3/4 cangkir gula
3/4 gelas air

Cara membuat:

  1. Siapkan sebuah mangkuk besar, kocok mentega dan gula merah hingga lunak, ringan dan halus. Tambahkan telur satu per satu, kocok dengan baik setiap kali telur masukan vanili, kocok. Sedikit demi sedikit tambahkan tepung, baking powder dan baking soda sambil terus dikocok hingga rata.
  2. Diamkan adonan selama 15-30 menit atau hingga mudah ditangani.
  3. Ambil sebagian adonan, letakan pada plastik bersih dan tutup dengan plastik bersih lainnya, ratakan adonan dengan cara menggulungnya hingga kira-kira setebal 1/8 inci (dikira2 saja). Kamu bisa menggunakan gulungan roti, atau simpelnya pakai botol kaca bekas saos atau sirup saja. Kemudian potong atau cetak adonan sesuai selera (contoh kali ini mengunakan bentuk bunga ukuran sedang). Susun adonan yang dicetak di atas loyang berminyak.
  4. Panggang pada suhu 350 ° selama 10-12 menit atau sampai tepinya berwarna kecoklatan. Lepaskan ke rak kawat agar dingin.
  5. Dalam panci kecil, gabungkan bahan-bahan isi kue. Masak dengan api sedang selama 3 menit atau sampai mengental dan berbuih. Dinginkan hingga suhu kamar.
  6. Oleskan isian ke atas keeping adonan yang telah dipanggang, kemudian tumpuk dengan 1 keping lainnya sehingga menyerupai sandwich. Taraaa… kue kurma yang sehat siap disajikan bersama minuman kesukaan si dia 😉

 

Nutrition Fact:

Tiap keping kue mengandung: 183 kalori, 5g lemak (3g lemak jenuh), 25mg kolesterol, 106mg sodium, 33g karbohidrat (23g gula, 1g serat), 2g protein.

Gimana? Mudah kan?! Selain mudah dan sehat, kue kurma buatan tanganmu akan bikin si dia makin luluh, cobain deh! 😀

Ohiya,buat kamu yang mau coba buat nastar homemade bisa juga liat disini ya! Tinggal klik link berikut >>  https://review.bukalapak.com/amp/food/resep-kue-nastar-lembut-dan-lumer-di-mulut-ini-bikin-semua-orang-bertekuk-lutut-20734

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *