2 Resep Kue Basah Tradisional, Pemula Juga Bisa Coba!

Kue tradisional Indonesia yang kaya akan cita rasa memang enggak akan pernah ada matinya. Meski waktu berlalu dan berbagai jenis kue modern terus bermunculan, kue-kue tradisional tetap memiliki pesona dan tempat tersediri di hati para penggemarnya, apalagi kue basah yang sering tampil di berbagai acara istimewa. Berbagai resep kue basah tradisional pun sudah tidak menjadi rahasia lagi. Misalnya saja resep kue lapis tepung beras yang legit dan nikmat.

Kabar baiknya, meski tampak rumit, sebenarnya membuat kue tradisional tidak sesulit yang dibayangkan, lho! Kamu yang merasa masih pemula pun bisa membuatnya. Penasaran dengan resepnya? Yuk coba simak 2 resep kue basah tradisional berikut ini.

1. Lapis Singkos
Kue lapis tepung beras rupanya bukan satu-satunya kue lapis tradisional yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebab, kue lapis singkong juga sudah menjadi kue tradisional yang melegenda, lho!

Bahan. Untuk membuatnya, siapkan 1 kg singkong parut, 1 bungkus agar-agar, 150 gram gula pasir, kelapa parut yang dihasilkan dari ½ butir kelapa, kelapa parut yang telah dikukus untuk taburan, 100 mL santal kental, serta garam dan pewarna makanan secukupnya.

Cara Membuat. Pertama, peras singkong parut dengan sebet bersih, kemudian campur semua bahan yang telah disiapkan kecuali kelapa parut sebagai taburan. Kedua, bagi adonan sesuai keinginan dan berilah pewarna makanan yang berbeda pada setiap bagian. Jika sudah, tuang selapis adonan di loyang, lalu kukus selama kurang lebih 15 menit.

Angkat, kemudian timpa dengan adonan warna lain. Kukus kembali selama 15 menit, lakukan hal yang sama hingga adonan menjadi beberapa lapis. Setelah itu kukus selama 30 menit hingga matang. Terakhir, keluarkan loyang dari kukusan, keluarkan lapis dari cetakan, dan potong-potong sesuai selera. Jangan lupa untuk menaburkan kelapa di atasnya sebelum kue lapis disajikan. 

Baca Juga: Perlu Trik Ini untuk Bisa Bikin Kue Lapis yang Cantik (klik tautan berikut untuk membacanya https://review.bukalapak.com/food/perlu-trik-ini-untuk-bisa-bikin-resep-kue-lapis-yang-cantik-27610)

2. Kue Bugis atau Kue Mendut
Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan. Kue ini biasanya memiliki warna ungu yang berasal dari ketan hitam atau warna hijau yang berasal dari campuran daun pandan dan daun suji.

Bahan. Untuk membuatnya, siapkan 250 gram tepung ketan hitam, 150 mL santan hangat, ½ sendok teh garam, dan 1 sendok makan gula pasir.

Sementara itu, untuk membuat isi dari kue ini atau yang disebut juga dengan unti, siapkan 2 genggam kelapa muda parut, 1 gelas air, 1 buah gula merah, 1 lembar daun pandan, 1 sendok makan gula pasir, dan ¼ sendok teh garam. Siapkan pula minyak goreng secukupnya dan daun pisang untuk membungkus.

Cara Membuat. Pertama, masak semua bahan unti hingga air di dalamnya mengering, lalu sisihkan. Kedua, letakkan daun pisang di atas api kompor selama beberapa lama supaya layu dan mudah dilipat. Jika sudah, olesi daun dengan minyak goreng.

Ketiga, campurkan tepung ketan dengan gula dan garam, lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit hingga adonan tepung ketan tidak lengket atau cukup kalis. Selanjutnya, ambil adonan secukupnya, bentuk menjadi bulat, pipihkan, lalu beri isian sekitar satu sendok teh unti. Bulatkan kembali adonan tersebut, lalu bungkus menggunakan daun pisang yang telah diolesi minyak goreng.

Terakhir, panaskan kukusan yang telah diberi air dan sarangan. Jika air sudah mendidih, masukkan mendut ke dalam kukusan dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Angkat mendut dan hidangkan selagi hangat.

Bagaimana? Mudah membuatnya, bukan?

Sumber gambar: Vladvilaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *