Ssst! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Benar-Benar Mengambil Kredit Mobil

Memiliki mobil tentu bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Apalagi, saat ini berbagai model mobil dari beragam merek terus bermunculan. All New Brio 2018, misalnya. Dengan harga cukup terjangkau jika dibandingkan mobil lainnya, yakni Rp130 hingga Rp190 juta, mobil generasi terbaru keluaran Honda tersebut juga memiliki beragam kelebihan—klik tautan ini untuk memahami lebih lanjut tentang kelebihan All New Brio: https://review.bukalapak.com/auto/meluncur-di-giias-2018-ini-5-kelebihan-honda-all-new-brio-44298.

Karena makin besarnya minat masyarakat terhadap mobil, tak heran jika saat ini banyak pihak menyediakan fasilitas kredit mobil. Memang, dengan kredit, membeli mobil dengan harga mahal pun mungkin tidak akan terasa berat karena mobil bisa dibayar dengan cicilan beberapa bulan, bahkan tahun. Namun, jangan buru-buru saat memutuskan. Coba deh perhatikan 5 hal ini dulu sebelum mengambil kredit mobil.

1. Tentukan mobil impian, pilih sesuai kebutuhan
Ada beragam jenis mobil yang bisa dibeli, mulai dari ukuran, merek, hingga warna. Daripada bingung saat memilih langsung mobil impianmu, lebih baik tentukan lebih dulu mobil yang akan dibeli. Perhatikan kebutuhan dan tujuanmu membeli mobil. Jika berniat membeli mobil untuk memudahkan aktivitas pulang-pergi ke kantor, ada baiknya memilih mobil ukuran kecil yang lebih nyaman dikendarai. Namun, jika hendak membeli mobil untuk membawa barang bawaan yang super banyak, mobil ukuran besar bisa jadi pilihan. Perhatikan pula merek dan harganya.

2. Pilih penyedia jasa kredit mobil yang tepat
Penyedia jasa kredit mobil kini bisa dengan mudah kamu temui di mana saja. Namun, jangan asal memilih. Usahakan untuk memilih penyedia jasa yang profesional dan terpercaya. Jika memungkinkan, pilihlah penyedia jasa yang bersedia memberikan asuransi mobil selama masa kredit berlangsung. Dengan begitu, jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan, mobil akan diganti secara penuh oleh si penyedia jasa. Pahami pula jenis asuransi yang ditawarkan. Konsultasikan lebih dulu kepada penyedia layanan jasa kredit mobil.

3. Pertimbangkan harga beli dan harga jual mobil
Harga jual mobil tentu tak akan sama dengan harga belinya. Bahkan, beberapa jenis mobil bisa langsung turun harga hingga 10 atau 15 persen setelah keluar dari showroon. Namun, tentu, ada pula mobil yang justru punya harga jual lebih tinggi daripada harga belinya. Nah, jika kamu memperhitungkan untung-rugi, perhatikan hal ini. Pahami spesifikasi mobil yang hendak dibeli, mulai dari merek, mesin, hingga spesifikasi lainnya yang akan dijadikan pedoman untuk menentukan nilai jual mobil. Jangan sampai gegabah, ya.

4. Perhatikan harga total yang harus dibayarkan
Membeli mobil secara kredit mungkin bisa membuatmu terlena karena kamu hanya perlu membayar cicilan tiap bulan. Namun, perhatikan baik-baik total harga yang didapat jika kamu membayar semua cicilan sekaligus. Hitung baik-baik besar bunga yang harus dibayarkan. Seperti dilansir dari laman cermati.com, biasanya pihak leasing atau bank akan mengambil bunga hingga 20 persen dari harga jual mobil.

5. Jangan abaikan masa cicilan
Tentu, makin kecil cicilan yang dibayarkan, makin lama waktu membayar. Meski terlihat ringan karena biaya cicilan makin rendah, namun hal itu bisa jadi berisiko bagi kelancaran keuanganmu. Hitung pula total bunga yang harus dibayarkan. Perhatikan apakah ada kemungkinan suku bunga naik atau tidak.

Itu dia 5 hal yang harus diperhatikan sebelum benar-benar mengambil kredit mobil. Bagaimana? Sekarang, sudah siap mengambil kredit mobilmu? Jangan lupa, buat perencanaan yang matang untuk keuanganmu di masa mendatang, ya.

Sumber gambar: Orpriswisskredit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *