Tips Olahraga untuk Lansia

Olahraga tak hanya untuk anak muda saja, akan tetapi juga sangat perlu dilakukan oleh orangtua atau lansia. Kenapa para lansia juga membutuhkan olahraga? Hal ini karena olahraga bermanfaat untuk mengeluarkan hormon anti stres serta memiliki fungsi untuk menghambat penuaan serta penurunan kondisi dalam tubuh. Akan tetapi olahraga untuk lansia tidak bisa dilakukan sembarangan, lansia harus melakukan langkah-langkah tertentu agar aktifitas olahraga tetap aman bagi lansia, berikut ini adalah tips olahraga yang bisa dilakukan oleh para lansia:

Melakukan Tes Kesehatan

Sebelum melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya lansia mengukur kemampuan serta kesanggupan. Tes kesehatan ini berfungsi untuk mengetahui apakah lansia berada dalam kondisi prima untuk melakukan olahraga ataukah tidak. Pada malam sebelum dilakukannya tes kesehatan ini, lansia juga harus tidur dengan cukup, minimal selama 6 jam. Selain itu, kondisi lansia juga harus cukup makan ketika dilakukan tes kesehatan ini. Pengukuran kesehatan juga sebaiknya dilakukan saat pagi hari.

Waktu Olahraga

Tips olahraga selanjutnya adalah menentukan waktu olahraga yang tepat. Waktu olahraga untuk para lansia tentunya berbeda dengan anak muda. Jika anak muda bisa tahan berolahraga selama berjam-jam. Maka untuk lansia maksimal dilakukan selama 1 jam. Olahraga juga sebaiknya dilakukan minimal 2 jam setelah makan terakhir. Misalnya, jika lansia ingin melakukan olahraga di pagi hari, maka ia juga harus makan biskuit atau roti dan minum air hangat paling tidak setengah jam sebelum melakukan aktivitas olahraga. Sarapan ini sangatlah penting karena bermanfaat untuk menjaga kadar gula saat olahraga. Sebaiknya olahraga dilakukan saat pagi hari, dimana kondisi udara masih bersih dan berkualitas jika dibandingkan dengan kualitas udara saat sore hari atau siang hari. Udara pagi yang sejuk juga dapat mengurangi suhu panas sehingga lansia tidak mudah lelah. Selain itu, sinar matahari di pagi hari juga sangat bermanfaat bagi tulang para lansia.

Memilih Olahraga yang Tepat

Tidak semua olahraga cocok dilakukan oleh lansia, oleh karena itu harus dipilihkan olahraga yang tepat untuk lansia. Beberapa olahraga yang aman dilakukan oleh lansia adalah jalan kaki serta senam lansia. Jalan kaki sangat bermanfaat bagi lansia karena bisa melatih kekuatan otot jantung serta melancarkan pernapasan. Aktifitas ini juga mampu melatih kekuatan otot kaki, aktifitas jalan kaki ini juga melancarkan aliran darah dalam tubuh. Agar aktifitas ini dapat membuat lansia nyaman, maka bisa dilakukan dengan cara rekreasi seperti jalan-jalan di taman kota, di pantai, juga jalan-jalan di pedesaan yang masih memiliki udara segar.

Sedangkan untuk senam lansia juga bisa menjadi pilihan yang aman. Gerakan senam lansia tidaklah sulit, namun aktifitas ini bisa melatih kekuatan sendi, otot, serta keseimbangan. Jangan paksa lansia melakukan gerakan yang sulit karena bisa berbaha untuk lansia.  

Itulah beberapa tips olahraga untuk lansia, dan yang perlu diingat, ketika berolahraga lansia tidak boleh sendirian, harus ada keluarga yang mengawasi untuk memastikan lansia tetap dalam kondisi aman dan nyaman ketika berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *