Tips Olahraga untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa-masa indah yang dialami oleh seorang ibu, oleh karena itu harus dijaga dengan baik. Selain dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, juga dengan cara berolahraga. Akan tetapi olahraga untuk ibu hamil tentunya berbeda dan berikut ini adalah tips olahraga untuk ibu hamil agar kehamilan dapat berlangsung sehat dan aman.

Konsultasi dengan Dokter

Sebelum melakukan olahraga, hal terpenting yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Kenapa begitu? Karena olahraga untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan orang yang tidak sedang hamil, dengan berkonsultasi ke dokter, maka ibu akan dapat mengetahui olahraga apa yang tepat dilakukan  dan aman untuk ibu dan janin.

Pilih Olahraga yang Tepat

Pilih olahraga yang tepat ketika hamil, hndari jenis olahraga ekstrim dan berisiko tinggi, hindari pula olahraga yang mengharuskan tubuh untuk terjun, melompat, dan mengangkat beban berat. Pilih olahraga yang ringan seperti pilates serta yoga.

Berhati-hati

Ibu yang sedang hamil haruslah berhari-hati ketika berolahraga, jangan berolahraga ekstrim, namun cukup olahraga yang ringan-ringan saja. Perhatikan oksigen yang masuk ke dalam tubuh saat berolahraga, karena ibu yang sedang hamil tentunya membutuhkan oksigen yang lebih banyak, karena bukan hanya ibu yang membutuhkan, namun juga janin yang ada dalam kandungan.

Patuhi Jadwal

Menjadwalkan olahraga secara teratur sangatlah baik untuk tubuh, selain untuk membuat tubuh lebih rileks, juga dapat mengurangi sakit pada punggung dan pinggang. Selain itu juga dapat membuat tubuh cepat kembali fit setelah melahirkan.

Baca Juga:Tips Olahraga Yang Bagus dan Baik Buat Jantung Anda

Perhatikan Asupan Cairan dalam Tubuh

Salah satu tips olahraga yang harus diperhatikan sat hamil adalah asuman minuman atau cairan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai mengalami dehidrasi karena dapat membahayakan ibu serta janin yang ada dalam kandungan. Perhatikan juga baju yang dikenakan serta temperatur ruangan yang digunakan untuk berolahraga, jangan terlalu panas karena akan mengganggu tubuh ibu hamil.

Perhatikan Kondisi Tubuh

Perhatikan kondisi tubuh ketika berolahraga, apabila tubuh terasa sudah lelah, maka ibu hamil harus berhenti, tidak perlu memaksakan diri untuk melanjutkan olahraga karena justru akan berbahaya bagi ibu hamil.

Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan serta pendinginan. Pemanasan berguna agar tubuh tidak tegang, sedangkan pendinginan bermanfaat agar tubuh rileks usai berolahraga.

Beristirahat

Olahraga memang penting, akan tetapi jangan lupa untuk beristirahat. Nikmati olaharaga dengan nyaman dan jangan terlalu memaksakan diri.  Apabila olaharaga sudah dirasa cukup, maka berhentilah.

Demikian tips olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan sehari-hari. Akan tetapi selain berolahraga harus pula diimbangi dengan makanan yang bergizi serta vitamin yang bermanfaat dan aman untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *