Tips Mengatur Nafas Saat Melakukan Olahraga Renang Supaya Tidak Mudah Lelah

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang paling menyenangkan, bisa dilakukan dari mulai anak-anak sampai dengan dewasa sekalipun. Tetapi dalam melakukan olahraga renang banyak orang yang mengeluhkan mudahnya lelah. Jika Anda juga merasakan hal sama perlu adanya koreksi kembali akan teknik-teknik Anda dalam berenang. Banyak masyarakat yang masih menggunakan teknik pernafasan yang salah, hal itu sering menjadi faktor terbesar mudahnya lelah dalam olahraga air tersebut. Hal itu memang tidak bisa dipungkiri mengingat manusia tidak mempunyai insang yang dapat digunakan bernafas lama didalam air.

 

Jika segala teknik yang Anda lakukan sudah tepat tentu saja tidak akan merasakan kelelahan yang lebih cepat. Seperti dari pengambilan nafas, pengangkatan kepala sampai dengan gerakan tangan dan kaki yang sudah tepat. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk dapat melakukan pernafasan dengan baik yaitu:

 

  1. Tips yang pertama adalah pengambilan nafas dilakukan saat memutarkan kepada kebagian samping, jangan menghadap keatas. Karena dengan melihat ke samping seorang perenang akan lebih konsentrasi dengan gaya yang dilakukannya. Selain juga putaran tubuh akan membantu Anda lebih mudah mengatur pernafasan saat berenang.
  2. Jika Anda melakukan olahraga air tersebut disarankan untuk tidak menghadap kebagian atas saat pengambilan nafas. Selain itu posisikan tangan dibagian depan dan pada bawah tangan satunya. Jadi Anda bisa lebih konsentrasi serta mengatur tendangan kedepan lebih baik, putaran kepala juga bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kenyamanan saat mengambil nafas.
  3. Untuk Anda sebagai perenang pemula akan lebih baik menfokuskan dengan latihan pernafasan terlebih dahulu sampai dengan titik nyaman. Untuk teknik renang lainnya seperti gerakan tangan ataupun kaki bisa menyeimbangkan dengan sendirinya, karena yang paling penting adalah pernafasan yang tepat.
  4. Pertama bisa mengambil nafas pada setiap gerakan terlebih dahulu, setelah Anda menguasai tekniknya lakukan peningkatan dengan pengambilan pernafasan secara bilateral. Dalam latihan cara pernafasan bilateral memang lebih rumit, mungkin Anda akan mengalami masukkan air dalam hidung beberapa kali sampai bisa memahami teknik dengan baik.
  5. Dan yang terakhir adalah melakukan olahraga berenang tanpa mengangkat kepala yang membuat Anda lebih mudah lelah. Jadi masukkan dalam air supaya seimbang dengan struktur badan Anda saat berenang.

 

Sebenarnya apapun jenis olahraga yang Anda lakukan selagi telah menggunakan teknik yang tepat tentu saja kelelahan yang lebih cepat tidak akan dialami. Maka dari itu akan lebih baiknya pahami dengan baik terlebih dahulu setiap tips melakukan olahraga renang yang tepat sebelum melakukannya. Walaupun bisa dilakukan secara otodidak, untuk lebih amannya Anda bisa mengikuti kelas berenang yang dipandu oleh beberapa guru professional dan telah terlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *