Ternyata Bersepeda Punya Ragam Manfaat, Berikut Ulasannya!

Olahraga menjadi aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan dalam keseharian. Hal ini lantaran dengan berolahraga, maka tubuh pun akan kian sehat dan mampu aktif dalam bergerak. Olahraga tak melulu harus melelahkan dan bosan. Anda bisa berolahraga sambil bersenang-senang, misalnya saja dengan bersepeda. Berolahraga menggunakan sepeda cukup digemari oleh masyarakat secara luas. Tak hanya anak-anak namun beraktivitas menggunakan sepeda juga banyak disukai oleh orang dewasa.

Olahraga dengan sepeda ini amat disarankan oleh banyak praktisi kesehatan. Hal ini tidak lain tidak bukan adalah karena olahraga dengan sepeda ini termasuk pada olahraga yang ringan serta mudah dilakukan. Anda akan mendapatkan manfaat dengan memiliki otot dan sendi yang kuat. Oleh karena itu lakukan olahraga setidaknya 150 menit seminggunya untuk dapatkan manfaat maksimal. Selain Namun Anda juga perlu tahu bagaimana cara berolahraga sepeda yang aman, misalnya:

  • Wajib untuk memakai peralatan keamanan misalnya helm, baju jersey khusus, pelindung lengan dan perlengkapan keamanan lainnya sehingga Anda bisa meminimalisir terjadinya cedera ketika berolahraga.
  • Ketika Anda akan berputar balik, belok atau menyalip, maka lihat ke belakang lebih dahulu dan pakai sinyal yaitu dengan lengan sehingga kendaraan di belakang pun tahu Anda akan belok.
  • Ikuti seluruh peraturan rambu lalu lintas ketika Anda olahraga sepeda di jalan raya.
  • Ketika lewat jalan sempit, maka pastikan untuk tetap memberi ruang bagi pejalan kaki.
  • Jangan memakai ponsel ketika Anda sedang berkendara dengan sepeda karena mampu membahayakan diri dan orang lain.

 Simak dulu beberapa jenis sepeda yang mesti kamu ketahui sebelum membeli nya. Baca selengkapnya di tokolahraga.com

Dengan melakukan tips bersepeda tersebut, maka pastinya manfaat pun akan Anda dapat dengan lebih maksimal, yakni:

  • Jika Anda mengendarai sepeda berkecepatan sedang, maka kalori yang akan terbakar adalah 300 kalori. Tapi jika Anda mengendarainya berkecepatan lebih cepat, pembakaran kalori bisa sejumlah 400 sampai 700 kalori. Tak heran jika olahraga ini kerap jadi andalan untuk melakukan diet.
  • Kerangka tubuh Anda akan lebih kuat ketika rutin, jadi jangan percaya mitos jika naik sepeda jadikan tubuh membungkuk.
  • Penelitian sudah menunjukkan jika kekebalan tubuh bisa kian meningkat terutama melindungi tubuh dari virus ketika naik sepeda.
  • Dengan berolahraga sepeda, maka Anda juga akan bisa meminimalisir stres yang terjadi karena selama naik sepeda maka Anda akan bisa melihat pemandangan sekitar, menghirup udara segar pagi hari dan hati pun jadi bahagia.

Itulah beberapa manfaat bersepeda yang perlu Anda ketahui. Yang terpenting jangan sampai abaikan keamanan dan sembarangan naik sepeda karena dikhawatirkan Anda akan mendapatkan cedera. Pastikan untuk selalu fokus saat mengendarai sepeda, jangan bermain ponsel, bergurau dengan teman dan pandangan harus lurus ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *