Memahami Olahraga Futsal Yang Tepat

Olahraga futsal adalah permainan yang hampir sama dengan sepak bola. Bedanya terletak jumlah pemain dan ukuran lapangan yang dipakai. Dalam satu tim futsal berisikan 5 orang pemain dan memiliki 2 tim dengan tujuan memasukan bola ke gawang tim lawan menggunakan kaki, badan, kepala, dan semua anggota badan kecuali tangan didalam suatu ruangan. Olahraga futsal berasal dari bahasa Spanyol yang memiliki arti sepak bola dalam ruangan.

Memahami Olahraga Futsal Yang Tepat

Olahraga futsal pertama kali dipopulerkan pada tahun 1930 di Uruguay. Lapangan futsal sendiri berbentuk segi empat yand ditandai garis untuk pembatas dengan warna yang berbeda dengan warna lapangan. Memiliki ukuran standar Nasional dengan panjang 25 hingga 42 meter dan lebar 18 higga 25 meter dan untuk ukuran Internasional panjangnya 38 hingga 42 meter dan lebarnya 18 hingga 25 meter. Permukaan lapangan harus rata, halus, dan tidak abrasif. Permukaan lapangan dibuat dengan bahan kayu (lantai parkit). Garis tengah lapangan  merupakan garis yang memisahkan lapangan futsal menjadi dua bagian dengan titik pusat yang ditandai dengan lingkaran yang berdiameter 6 meter. Garis samping, garis melintang lapangan, dan garis gawang memiliki pembatas garis selebar 8cm.

Untuk gawang dalam olahraga futsal harus berada ditengah garus gawang dengan ukuran lebar gawang 3 meter dan tinggi gawang 2 meter. Tiang gawang dapat dibuat dari kayu, logam, atau bahan lainnya dengan warna yang berbeda dengan mistar gawang. Kedua tiang gawang dan mistar gawang masing-masing memiliki lebar dan dalam yang sama yaitu 8cm. Jaring pada gawang berbahan tali rami atau nilon yang dikaitkan pada tiang dan mistar gawang.

Pusat dari masing-masing gawang ditarik dari setengah lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Dari titik tengah gawang jarak pinalti utama sepanjag 6 meter dan yang kedua sepanjang 10 meter. Pada tiap sudut lapangan olahraga futsal memiliki sudut tendangan dengan radius 25cm. Bola pada permainan futsal memiliki bentuk bulat dengan 4 ukuran dengan minimum keliling bola 62cm dan maksimum 64cm yang terbuat dari kulit atau bahan yang cocok lainnya.Pantulan pertama bola harus melambung 55 hingga 65 cm. Bola futsal memiliki berat berkisar 400 gram hingga 440 gram dengan tekanan 0,4 hingga 0,6 atmosfir (400-600 g/cm3).

Baca Juga : Beberapa Persiapan Sebelum Melakukan Permainan Futsal

Lama permainan pada pertandingan futsal sekitar 20 menit selama 2 babak dan bila hasilnya seimbang akan dilakukan dilakukan perpanjangan waktu 2 menit selama 2 kali. Pada tiap babak dalam waktu 1 menit pelatih memiliki hak untuk meminta waktu time out pada wasit namun pada saat tim tengah menguasai bola. Pemain harus selalu ada didalam lapangan meski dalam keadaan timeout dengan tanda peluit dari wasit sebagai dimulai atau akhir waktu timeout. Pada tiap babak akan diberikan waktu istirahat selama 10 menit hingga maksimal 15 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *