Ini Dia 5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan yang Bisa Anda Peroleh

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh siapapun. Ada berbagai macam jenis olahraga, dari yang berbayar mahal sampai yang gratis tanpa harus mengeluarkan uang. Olahraga yang sangat cukup murah, mudah serta tidak perlu banyak perlengkapan yang dibutuhkan yaitu lari. Siapapun dapat melakukannya dari anak-anak- remaja, dewasa sampai orang tua. Olahraga ini dapat dilakukan kapanpun baik pagi, siang, sore maupun malam hari. Umumnya olahraga ini dipilih untuk dilakukan pada pagi hari atau lari pagi.

Saat lari saat pagi udara yang kita hirup masih segar belum mengandung polusi. Selain itu olahraga dipagi hari memiliki banyak manfaat dibanding lari pada saat sore maupun malah hari. Dipagi hari kendaraan yang lewat belum banyak sehingga udara yang kita hirup masih alami. selain udaranya yang masih segar olahraga lari memiliki banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Manfaat lari pagi untuk kesehatan yang perlu kita ketahui yaitu:

  • Memperpanjang umur

Jika olahraga ini dilakukan secara rutin dipagi hari akan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat.

  • Berlari mencegah kepikunan

Perempuan yang rajin melakukan lari dipagi hari saat remaja dapat mengurangi resiko kepikunan pada saat memasuki usia tua.

  • Tubuh menjadi semakin sehat dan tidak mudah sakit.

Jika kita melakukan aktivitas lari dengan waktu kurang lebih satu jam setiap harinya, akan berhasil menjauhkan tubuh dari serangan virus flu sampai 18% dibandingkan dengan yang tidak berlari.

  • Kesehatan Jantung terjaga

Seorang yang berlari dengan konstan sejauh 16 Km dalam seminggu akan berkurang 39% lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah dan kolesterol tidak akan bertumpuk dalam pembuluh darahnya sampai 34%.

  • Tidur dengan lelap

Bagi seorang yang sering mengalami insomnia disarankan untuk melakukan aktivitas dipagi hari ini. terbukti setelah rutin melakukan aktivitas lari dipagi hari seseorang dapat lebih mudah untuk tidur dengan nyenyak dan berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

Untuk dapat melakukan Aktivitas olahraga dipagi hari biasakan untuk selalu bangun pagi sekitar pukul 06.00 sampai sebelum pukul 10.00. sinar matahari pagi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tulang. Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas olahraga pagi sama sekali tidak merugikan kita. bahkan kita mendapatkan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Jadi apa masih malas untuk melakukan olahraga lari pagi? Padahal manfaat yang kita dapatkan banyak sekali. Lakukanlah olahraga lari secara rutin dua kali seminggu. Rutin melakukan olahraga lari dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Sebelum memulai olahraga pagi sebaiknya kita tetap memperhatikan beberapa hal lainnya seperti dengan menyeimbangi makanan yang kita makan harus sehat juga sangat perlu supaya hasil yang dicapai lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *