Berikut 4 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Selama Masa Kehamilan

Membentuk badan secara sehat bisa dengan berolahraga, karena manfaat olahraga sendiri memang sangat banyak. Menariknya beberapa jenis olahraga sangat tepat dinikmati oleh para ibu hamil jadi selama masa kehamilan cobalah untuk rutin melakukan olahraga tersebut. Misalnya saja olahraga jenis yoga, ataupun sekedar senam kehamilan dan jalan kaki di waktu pagi hari. Rupanya saat berbadan dua seorang wanita tetap aman berolahraga selama tidak berlebihan dan sudah dikonsultasikan dengan dokter yang menangani kehamilan Anda.

Berikut 4 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Selama Masa Kehamilan

Manfaat Kegiatan Olahraga Bagi Ibu Hamil

Dengan rutin berolahraga maka ibu hamil bisa memetik beragam manfaat yang bisa dirasakan sendiri maupun berdampak baik bagi janin. Deretan manfaat tersebut antara lain:

Meningkatkan energi selama hamil,

Selama hamil biasanya ibu akan mudah kelelahan, sehingga perlu ditanggulangi dengan rajin berolahraga. Massa otot akan meningkat dengan kegiatan olahraga tersebut sehingga persendian kuat untuk menemani aktifitas apapun selama kehamilan. Lewat olahraga pula ibu hamil bisa memperbaiki kardio vascular sehingga bisa mencegah rasa lelah yang mudah datang ataupun berlebihan. Kemudian bisa memperbaiki metabolisme tubuh supaya nutrisi dari asupan makanan terserap sempurna.

Memperbaiki kualitas tidur,

Selama hamil biasanya akan muncul rasa tidak nyaman baik saat melakukan aktifitas sehari-hari selama di rumah maupun di kantor. Kemudian dampak ketidaknyamanan ini juga berpengaruh saat tidur, sehingga ibu hamil sulit tidur dengan nyenyak. Supaya kualitas tidur lebih baik dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga namun jangan sampai kelelahan. Salah satu manfaat olahraga bagi ibu hamil adalah menjadikan tidur lebih nyenyak dan mudah merasa nyaman dengan posisi yang diambilnya, sehingga jangan lupa berolahraga.

Baca Juga : Yoga Untuk Para Pemula Agar Bisa Lancar Berolahraga Pernafasan Ini

Membantu proses persalinan,

Banyak pakar dan praktisi kesehatan menyebutkan jika proses persalinan tidak berbeda jauh dengan lari maraton. Sehingga membutuhkan fokus, determinasi, maupun stamina yang prima dari ibu yang akan menjalaninya. Lewat olahraga ibu hamil bisa mempersiapkan tubuhnya untuk memiliki semua aspek tersebut di masa persalinan. Kebanyakan ibu hamil yang rajin berolahraga membutuhkan waktu lebih pendek untuk menyelesaikan proses persalinan. Sehingga tidak mudah lelah serta memastikan bayi lahir sehat tanpa perlu proses panjang menunggu hingga jalan lahir terbuka.

Menjaga bentuk tubuh pasca persalinan,

Berhubung olahraga ini bisa membantu memperpendek masa persalinan maka nantinya bisa berdampak baik bagi bentuk tubuh. Memang bukan hal utama karena umumnya usai melahirkan ibu akan mudah gemuk, namun setidaknya tidak berlebihan hingga obesitas dengan olahraga. Kemudian olahraga rutin bisa membantu ibu hamil dengan cepat kembali ke bobot tubuh normal sebelum hamil, sehingga berdampak baik bagi penampilan serta kepercayaan diri. Rutin berolahraga selama hamil memberikan manfaat olahraga yang menarik sehingga layak dimasukkan jadwal harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *