Beberapa Fakta Tentang Olahraga Paralayang yang Perlu Anda Ketahui

Melakukan olahraga yang umum mungkin untuk beberapa orang sudah tidak terlalu menantang, tidak sedikit orang yang memilih melakukan olahraga ekstrim. Salah satunya adalah melakukan olahraga paralayang yang menjadikan Anda terbang seperti halnya burung di udara lepas. Sensasi tegang akan Anda dapatkan jika melakukan olahraga tersebut. di Indonesia sendiri jenis olahraga tersebut menang sudah populer di masyarakat, hal itu didukung dengan banyaknya daerah Indonesia yang berada pada ketinggian tertentu untuk dijadikan sebagai medan atau start melakukan olahraga tersebut.

Sebelum Anda tertarik untuk melakukan jenis olahraga tersebut perlu mengetahui beberapa fakta berikut ini, antara lain:

Tidak mudah dilakukan.

Walaupun setelah melakukan terbang dengan menggunakan parasut Anda akan lebih lega tetapi pada dasarnya itu merupakan olahraga yang tidak mudah. Jangankan untuk para pemula, bagi mereka yang telah menjadi atlet profesional saja dapat dikatakan sebagai olahraga yang tidak mudah dilakukan. Ada syarat kelayakan dan juga ketentuan sebelum Anda terbang, mulai dari persiapan mental sampai dengan perlengkapan yang dibutuhkan.

Tidak perlu menjadi atlet.

Memerlukan proses yang panjang supaya bisa menjadi atlet professional yang sering melakukan penerbangan menggunakan parasut. Tetapi untuk merasakan jenis olahraga menantang tersebut Anda tidak perlu harus menjadi seorang atlet terlebih dahulu, karena orang umumpun bisa melakukan jika memenuhi syarat. Anda tidak perlu kursus atau mengikuti pelatihan paralayang terlebih dahulu. Namun saat terbang Anda harus ditemani oleh instruktur yang telah ahli dibidangnya.

Peralatan wajib.

Seperti halnya jenis olahraga lainnya, melakukan penerbangan menggunakan parasut juga memerlukan peralatan yang wajib. Antara lain seperti parasut sebagai komponen utama serta cadangan, helm, harness dan perlengkapan pendukung lainnya. Untuk parasutnya sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang disesuaikan dengan kemampuan penerbang, mulai dari pemula sampai dengan yang telah mahir.

Instruktur harus mengetahui medan.

Seakan memikul beban yang berat menjadi instruktur olahraga yang menantang tersebut, karena pelatih harus paham bentuk mengenai medan dan juga keamanan penerbang.

Pendaratan wajib aman.

Berbagai resiko buruk bisa Anda dapatkan saat melakukan olahraga menggunakan parasut tersebut. Seperti menabrak, melenceng dari medan pendaratan, tebing terlalu tinggi ataupun lain sebagainya. Tetapi beberapa resiko tersebut telah diminimalisir oleh pemandu, untuk orang awam atau pemula telah disediakan medan pendaratan yang lebih aman.

 

Olahraga yang mengandalkan kondisi cuaca dan angin dari alam tersebut memang sangat beresiko tinggi. Tetapi pada dasarnya sebuah olahraga jika telah dilakukan menggunakan ketentuan dan peraturan yang tepat, kemungkinan buruk itu tidak akan terjadi. Jadi sebelum Anda melakukan olahraga paralayang sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa aturan dan juga teknik melakukannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *