Sebaiknya Jangan, Makanan Ibu Menyusui Ini Rentan Bikin Bayi Sakit!

Di samping menjaga kelancaran ASI bagi ibu yang menyusui, memakan makanan pelancar ASI juga diperbolehkan dalam batasan yang wajar. Batasan yang wajar bukan berarti pemberiannya boleh berlebih lebihan. Meskipun memang hanya sebatas sayur sayuran atau buah buahan. Untuk itu Bunda dapat baca selengkapnya di artikel ini : https://review.bukalapak.com/mom/biar-asi-banyak-ini-5-makanan-pelancar-asi-yang-wajib-dikonsumsi-18790

Menjadi ibu menyusui tentunya memang melelahkan, memang setiap Bunda akan berbeda dalam cara mengatasinya. Termasuk dalam memilih makanan ibu menyusui. Menurut sebagian orang, memang ada beberapa makanan yang dilarang bagi ibu menyusui, namun ini bukanlah larangan keras oleh semua Bunda yang menyusui, hanya saja akan berakibat bayi menjadi rentan alergi maupun ada suatu hal yang menyebabkan sakit.

Menurut penelitian, wanita di seluruh dunia akan menghasilkan kualitas ASI yang cukup baik bila mengonsumsi biji bijan (beras, sorgum, gandum), ditambah dengan protein dan juga sayuran.

Namun, ada beberapa makanan atau bahkan kandungannya yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, berikut daftarnya:

  1. Ikan atau Seafood

Bagi sebagian ibu menyusui, mengonsumsi jenis ikan atau seafood juga dibatasi. Selain karena bayi rentan alergi jika ibu mengonsumsinya, ikan jenis tertentu memiliki atau mampu menyerap merkuri yang lebih banyak sehingga secara tidak langsung, juga dapat ikut terkonsumsi oleh yang memakannya. Contohnya seperti kerang, ikan makarel, tuna, tilefish, dan ikan todak.

  1. Kafein

Sebenarnya, mengonsumsi kafein yang berlebihan juga tidak baik. Tidak hanya bagi ibu hamil atau menyusui saja, tetapi berlaku pula bagi kalangan yang lainnya. Batasi konsumsi kafein yang terdapat pada teh, kopi, ataupun soda. Karena kafein yang berlebihan juga akan mengakibatkan bayi mengalami kolik atau gumoh.

  1. Alkohol

Alkohol sendiri memang tak baik bagi tubuh, karena mampu menyebabkan beberapa kerusakan pada fungsi organ tubuh manusia juga mengonsumsinya secara terus menerus. Seperti yang kita ketahui, bahwa alkohol juga dapat masuk ke dalam darah dan ASI. Bayi yang masih rentan baik pencernaan dan daya tahan tubuhnya, tentunya akan berpengaruh bagi kesehatan sang bayi. Dan tentunya dapat memperlambat perkembangan otak bayi.

  1. Cokelat

Siapa sih yang nggak tergiur dengan rasa manis dari cokelat yang memang sudah dikenal menenangkan ketika stres? Apalagi dengan kandungan polifenolnya yang bertindak sebagai penurun tekanan darah. Apalagi ketika menyusui, Bunda menjadi lebih sering untuk mengemil, ngemil coklat tentunya sangat asyik bukan? Namun, apakah sudah tahu Bun? Bahwa cokelat juga memiliki kandungan theobromine yang sifatnya juga hampir sama dengan kafein. Sehingga bila Bunda mengonsumsi cokelat, si kecil terkadang menjadi lebih cranky dan sulit untuk tertidur. Batasi saja yah Bunda!

  1. Susu Sapi Lemak Tinggi

Beberapa bayi ada yang memiliki alergi pada susu sapi atau yang biasa disebut dengan intoleransi laktosa. Bila bayi Bunda mengalami hal tersebut sebelum lepas masa ASI eksklusifnya, tentunya Bunda harus juga menghindari meminum susu sapi dengan kadar lemak yang tinggi.

  1. Makanan Kalengan

Makanan kalengan memang identik dengan pemberian zat zat tambahan pangan seperti zat pengawet, zat pemanis, maupun zat pewarna. Baik bagi ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya memang hindari jenis makanan kalengan. Selain tidak baik bagi tubuh sang ibu, zat tambahan pangan ini akan bereaksi pada bayi yang sering menyebabkan masalah seperti diare, muntah, bahkan dehidrasi. Hingga pada akhirnya perkembangan bayi juga akan terganggu.

Demikian makanan ibu menyusui yang jika bisa dihindari dahulu. Semoga tetap sehat dan lancar menyusui ya, Bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *