Resep Sayur Mayur Sehari-Hari, Sederhana namun Tetap Sedap

Mengatur menu makan sehari-hari memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi jika ada banyak anggota keluarga di rumahmu. Memenuhi selera makan masing-masing dari mereka tentu tidak akan semudah mempraktikkan resep sayur lodeh yang bisa kamu dapatkan dari berbagai laman di internet.

Tentu, memasak menu makanan yang hanya itu-itu saja bisa membuat keluargamu merasa bosan dan tidak berselera makan. Well, daripada begitu, coba yuk resep sayur mayur sehari-hari berikut ini. Tak hanya sedap, resep berikut juga tergolong sederhana dan mudah dibuat. Let’s check it out!

Baca juga: Lahapnya Makan Masakan Rumah dengan Resep Sayur Lodeh Sedap Ini (https://review.bukalapak.com/food/lahapnya-makan-masakan-rumahan-dengan-resep-sayur-lodeh-sedap-ini-11274)

Sayur Nangka Muda
Bahan. Siapkan 2 sisir nangka muda untuk dipotong sesuai selera, santan secukupnya, 1 ruas lengkuas, 3 lembar daun salam dan daun jeruk, 1 sdm gula, 1,5 sdm garam, minyak goreng secukupnya, dan 1,5 liter air. Siapkan pula 6 buah bawang merah dan 5 siung bawang putih, 1 ruas kunyit dan kencur, 3 buah cabai merah yang telah dibuang bijianya, 3 biji kemiri, serta 1 sdt ketumbar untuk membuat bumbu halus.

Cara Membuat. Pertama, cuci bersih potongan nangka kemudian rebus hingga matang. Setelah itu, rendam potongan nangka dalam air dingin supaya getah nangka benar-benar hilang. Kedua, tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan nangka yang telah direndam air dingin, tambahkan pula garam dan gula. Masukkan santan, aduk dan tunggu hingga santan mendidih. Tambahkan kembali garam dan gula jika diperlukan. Selesai! Sajikan bersama nasi hangat dan sambal supaya menu makanmu makin lengkap.

Tumis Kacang Panjang
Bahan. Siapkan 1 ikat kacang panjang, 1 papan tempe, dan 3 sdm udang kering. Untuk membuat bumbu iris, siapkan 6 buah bawang merah dan 3 siung bawang putih, 2 buah cabai merah dan 9 buah cabai rawit, 1 buah tomat kecil, 3 cm laos geprek, dan 2 lembar daun salam.

Cara Membuat. Potong tempe menjadi kotak kecil atau sesuai selera, kemudian goreng tempe setengah matang, lalu tiriskan. Selanjutnya, tumis bumbu iris hingga harum, masukkan udang kering dan tambahkan air secukupnya. Masukkan pula kacang panjang dan tumis hingga matang. Sebelum kacang benar-benar matang, masukkan tempe yang telah digoreng, tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk rata, kemudian angkat. Sajikan selagi masih hangat supaya rasanya makin mantap.

Gado-Gado Sayur
Bahan. Siapkan sekitar 200 gram kacang tanah goreng, 4 siung bawang putih untuk diiris tipis dan digoreng, 3 lembar daun jeruk, 1 bungkus santan kara dan tambahkan 250 ml air, 200 gram gula merah, kentang kukus, tauge rebus, kubis kukus, tahu goreng, dan tempe goreng.

Cara Membuat. Kunci dari resep satu ini terletak pada cara membuat bumbu. Selain itu, perhatikan pula sayur-mayur yang dikukus atau direbus. Pastikan sayur-mayur tersebut sudah matang sempurna, tidak terlalu kaku dan terlalu lembek. Sementara itu, untuk membuat bumbu, blender kacang tanah yang telah disiapkan. Blender hingga halus bersama daun jeruk dan santan kara.

Selanjutnya, didihkan santan di atas api sedang, aduk terus supaya tidak gosong. Kemudian, masukkan gula merah dan garam. Cicipi dan pastikan rasa kuah santan sudah pas. Jika masih hambar, cobalah untuk menambahkan garam. Tata sayur-mayur yang telah direbus maupun dikukus. Tata di atas piring, lalu siram dengan bumbu yang telah dimasak sebelumnya. Jadi, deh! Mudah membuatnya, bukan?

Sumber gambar: Medianita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *