Manfaat Kentang yang Tidak Banyak Orang Tahu

Kentang, sayuran yang satu ini populer di berbagai pelosok negeri. Manfaat kentang telah kondang. Oleh karenanya, olahan kentang mudah kita temukan. Mulai dari goreng, rebus, dan bakar hingga menjadi bahan utama maupun bahan pendamping, olahan kentang disukai banyak kalangan.

Untuk kamu yang belum tahu apa saja manfaat kentang, ulasan ini akan memperkaya pengetahuanmu. Simak, yuk!

Kentang mengandung zat-zat, seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati, kalsium, serta mineral-mineral penting lainnya. Berbagai kandungan ini menjadikan kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari. Lebih lengkapnya, apa saja, sih, manfaat kentang?

Memelihara kesehatan jantung

Tahukah kamu, ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang mampu mendukung kinerja jantung, lho. Zat-zat gizi itu di antaranya adalah serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6. Selain itu, kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Pokoknya, semua yang terkandung dalam kentang sangat baik untuk kesehatan jantungmu.

Membantu mencegah kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan pembentukan tumor dalam tubuh yang dapat memicu kanker, yaitu kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Oleh karena itu, mengonsumsi kentang dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Sudah banyak studi yang membuktikannya, lho.

Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasiumnya yang cukup tinggi. Zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Dengan kata lain, kalori yang rendah pada kentang dapat menjadi menu diet rendah kolesterolmu, tuh. Diet dengan makan kentang terdengar tidak menakutkan, kan?

Mengurangi risiko batu ginjal

Kentang memang mengandung kalsium dan zat besi yang mungkin dapat memicu pembentukan batu ginjal. Namun, magnesium yang kaya pada kentang justru dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal, lho. Bahkan, pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang tidak menjadi makanan yang ‘haram’, kok. Jadi, kamu tetap bisa mengonsumsinya.

Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang

Kentang sangat baik untuk tulang. Mengapa demikian? Sebab, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia mampu membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang menjadi kombinasi yang sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang, lho.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk membantu menurunkan tekanan darah, asupan natrium harus dikurangi. Di sisi lain, meningkatkan asupan kalium justru cukup penting untuk menurunkan tekanan darah, lho. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium memang merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Jadi, kalau kepalamu mulai pusing dan tekanan darahmu naik, bisa coba pertolongan pertama dengan makan kentang, ya.

Membangun dan membentuk sel

Faktanya, vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia guna pembentukan sel dalam tubuh. Bahkan, vitamin B6 dibutuhkan oleh lebih dari 100 reaksi enzimatik. Enzim adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Selain itu, sebagian besar protein dan asam amino juga membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis guna pembentukan DNA dalam tubuh. Dengan demikian, bisa disimpulkan kalau vitamin B6 ini sangat dibutuhkan untuk pembuatan sel-sel baru dalam tubuh kita, ya. Lalu, apa hubungannya dengan kentang? Tentu saja, hubungannya adalah kentang mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi. Oleh karena itu, yuk konsumsi kentang!

Menjaga kesehatan otak & saraf

Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada kentan juga sangat ampuh menjaga kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan di dalam saraf, lho. Sudah baik untuk perut, baik pula untuk otak. Mantap,bukan?

Yep, itulah beberapa, eh banyak deh, manfaat kentang. Masih ragu untuk mengonsumsi kentang? Bosan dengan olahan yang itu-itu saja? Kalau begitu, coba baca https://review.bukalapak.com/food/5-rekomendasi-resep-olahan-kentang-yang-bisa-bikin-meja-makan-lebih-meriah-49071 ini deh untuk tahu berbagai macam resep olahan kentang yang bisa meningkatkan seleramu.

Yuk, makan kentang!

Sumber gambar: valleyspuds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *