Resep Makanan untuk Bayi Enam Bulan

MP-ASI adalah makanan pendamping ASI bagi bayi yang dapat menunjang kebutuhan nutrisi bagi si kecil. MP-ASI ini sudah dapat Bunda berikan bagi si kecil dari umur enam bulan. Makanan pendamping juga dapat berupa berbagai macam, mulai dari bubur, sup, maupun biskuit khusus bayi. Untuk mendapatkan biskuit sebagai salah satu menu makanan bayi 6 bulan, Bunda tidak perlu khawatir karena sudah banyak biskuit bayi dari berbagai merek yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah biskuit bayi Milna.

Biskuit bayi Milna merupakan makanan pendamping bagi bayi yang diformulasikan khusus dengan vitamin C dan E, antioksidan, zat besi, kalsium, serta 9 vitamin dan 3 mineral. Biskuit bayi Milna ini sangat baik dalam menunjang kebutuhan nutrisi bayi sehingga dapat mendukung pertumbuhan si kecil. Selain biskuit bayi Milna, ada pula biskuit-biskuit lain yang juga dapat memberikan nutrisi yang tinggi bagi si kecil. Yuk, baca di https://review.bukalapak.com/mom/bayi-doyan-ngemil-ini-5-rekomendasi-biskuit-bayi-yang-bernutrisi-tinggi-22660!

Pada tulisan ini akan disajikan beberapa menu makanan yang dapat Bunda berikan bagi bayi berusia 6 bulan. Menu-menu makanan ini terbuat dari sayuran maupun buah-buahan yang dapat Bunda buat sendiri di rumah. Mau tahu cara pembuatannya? Yuk, Bun, baca tata caranya dengan cermat, ya.

Bubur Pisang

Buah pertama yang dapat Bunda gunakan sebagai bahan makanan bagi si kecil adalah pisang. Pisang adalah buah yang memiliki kandungan vitamin A, C, asam folat dan kolin, mineral, omega 6, dan karbohidrat. Kandungan yang dimiliki buah pisang ini sangat baik bagi pertumbuhan bayi. Selain kandungannya, buah pisang juga memiliki tekstur yang halus sehingga mudah dicerna si kecil.

Cara membuat bubur dari pisang sangat sederhana

  1. Siapkan 15 gram buah pisang (diutamakan pisang ambon).
  2. Kupaslah dan potong-potonglah pisang tersebut.
  3. Haluskan pisang dengan cara diblender hingga teksturnya lebih halus.
  4. Tuang dalam mangkuk.
  5. Tambahkan ASI atau jus jeruk manis ke dalam mangkuk agar rasanya lebih nikmat.
  6. Aduk sampai rata dan bubur pisang siap disantap oleh si kecil.

Selain murni hanya menggunakan buah pisang, Bunda juga bisa menambahkannya dengan buah papaya atau buah pir agar lebih nikmat.

Bubur Avokad

Buah yang kedua adalah avokad. Selain pisang, buah avokad juga memiliki berbagai manfaat untuk bayi, seperti meningkatkan berat badan, menyehatkan kulit, dan mencegah peradangan pada tubuh si kecil yang baru berusia 6 bulan. Buah ini juga mampu meningkatkan perkembangan otak dan syaraf pusat si kecil.

Langkah-langkah pembuatan bubur dari buah avokad juga tak kalah mudah dari bubur pisang.

  1. Siapkan 50 gram buah avokad
  2. Cuci dan ambil daging buah avokad, kemudian potong-potong.
  3. Masukkan daging buah avokad dan ASI dalam blender, kemudian haluskan.
  4. Sajikan bubur avokad pada mangkuk.

Bubur Kentang

Selain buah-buahan, bubur kentang ternyata juga berperan penting dalam pertumbuhan bayi usia 6 bulan. Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi, kandungan serat, yang dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang usus si bayi.

Langkah-langkah pembuatan bubur dari kentang juga mudah.

  1. Siapkan 3 buah kentang.
  2. Kupaslah, cucilah, dan kemudian potong-potong.
  3. Kukuslah kentang hingga lunak.
  4. Setelah matang, tiriskan kentang sampai dingin.
  5. Haluskan kentang dengan sendok atau blender.
  6. Tuang pada mangkuk, kemudian tambahkan ASI.
  7. Aduk hingga merata dan bubur kentang siap Bunda berikan pada si kecil.

Bubur Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu memiliki kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B6, vitamin C, serat, beta-karoten, kalium, dan mangan. Kandungan yang dimiliki ubi jalar ungu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada si kecil, meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil, dan mengusir bakteri dan virus sehingga tak mudah sakit. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan 3 buah ubi jalar ungu.
  2. Bersihkan dan kukus hingga lunak.
  3. Kupas ubi, kemudian haluskan dengan ditumbuk atau diblender.
  4. Tambahkan air kaldu ayam secukupnya sehingga rasanya akan lebih nikmat.

Itulah empat menu makanan yang dapat Bunda berikan bagi si kecil yang baru berumur 6 bulan. Bahan-bahan dan cara pembuatannya sangat mudah, kan, Bun? Tunggu apa lagi, yuk segera buat dan berikan pada si kecil.

Sumber Gambar

filhosuniversal.org

amazonaws.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *