Tips Sehat Bagi Penderita Darah Tinggi

Kesehatan adalah harta yang paling berharga dalam kehidupan. Dengan tubuh yang sehat semua hal bisa kita usahakan dengan lebih baik dan maksimal. Namun ada kalanya Anda harus berurusan dengan suatu kondisi tubuh dimana ia membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dibandingkan dengan kondisi tubuh yang lainnya. Salah satunya adalah bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi karena faktor genetik atau keturunan. Bagi mereka yang berdarah tinggi, ada pantangan-pantangan tersendiri yang tidak bisa dilanggar atau diganti dengan seenaknya seperti orang ain yang memiliki tekanan darah normal atau rendah. Berikut ini adalah beberapa tips sehat yang bisa digunakan bagi penderita darah tinggi untuk meminimalisir timbulnya gejala gangguan kesehatan karena darah tinggi.

 

Meski darah tinggi bisa didapat dari faktor keturunan, namun tetap ada cara untuk mengontrolnya agar pewaris darah tinggi tidak sampai menimbulkan gejala yang berat akibat tekanan darah tinggi tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari. para penderita darah tinggi harus dibiasakan makan makanan rendah garam bahkan tanpa garam sesuai dengan tinggi rendahnya tekanan darah yang dimiliki. Karenanya sangat penting bagi pasien darah tinggi untuk makan makanan yang dimasak sendiri atau keluarga agar dapat disadari baik citarasa ataupun kandungan bahan makanannya.

 

Tips sehat bagi penderita darah tinggi yang lainnya adalah menghindari obesitas. Kegemukan bisa memperparah kondisi darah tinggi karena kerja jantung akan semakin berat karena pembuluh darah yang terdesak oleh lemak. Dengan pembuluh darah yang semakin sempit maka tekanan darah pun akan semakin tinggi. Pemilik darah tinggi yang memiliki obesitas sangat rawan akan stroke sehingga perlu dilakukan pencegahan dengan cara diet makanan cepat saji, gorengan, hingga daging atau makanan berlemak lainnya. Lakukan olah raga untuk membakar lemak agar mendapat berat badan yang ideal.

 

Selain menjaga pola makan dan berat badan seperti di atas, penting bagi penderita darah tinggi untuk juga mengetahui apa yang bisa menyebabkan darah tinggi menjadi parah sehingga bisa menjauhinya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa memperparah darah tinggi yang harus dihindari oleh penderita:

 

  • Stress.
  • Merokok.
  • Alkohol.
  • Makanan asin.
  • Makanan berkolesterol tinggi.

 

Tips sehat diatas sebaiknya dijadikan sebuah gaya hidup yang dilakukan sehari-hari oleh mereka para penderita darah tinggi agar dapat mengontrol tekanan darah dengan lebih baik. Penyakit tekanan darah tinggi bisa menjadi penyakit yang menahun atau menetap sehingga dibutuhkan informasi yang bisa dijadikan gaya hidup sehingga pencegahan gangguan darah tinggi bisa lebih efektif dilakukan. Pemberian obat sebaiknya tidak dijadikan cara penanganan yang utama karena konsumsi obat jangka panjang pun tidak akan baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *