Tips kesehatan merawat mata

Mata merupakan panca indera yang sangat penting untuk manusia. Sehingga banyak orang yang mengidamkan memiliki mata yang sehat. Namun banyak dari kita yang tidak bisa merawat mata dengan baik sehingga mengalami beberapa gangguan pada mata. Selain itu di era seperti sekarang banyak orang yang mampu menghabiskan waktu seharian di depan tv, laptop bahkan handphone yang berakibat pada keringnya mata akibat radiasi dari barang-barang elektronik tersebut. Sehingga tips kesehatan merawat mata sangatlah penting.

Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan gangguan mata di antaranya :

  1. Berlama-lama di depan Laptop atau handphone
  2. Menonton tv dalam jarak dekat dan lama
  3. Membaca buku sambil tidur
  4. Membaca dalam keadaan redup atau kurang pencahayaan

Mengingat pentingnya mata, sebaiknya kita mulai menghindari kebiasaan-kebiasaan yang disebutkan di atas, agar kesehatan mata tetap dapat dijaga. Selain itu, merawat mata juga dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa biaya yang besar.

Baca Juga: 4 Cara Memutihkan Kulit dengan Cepat

Beberapa tips kesehatan merawat mata tersebut diantaranya adalah :

  • Mengkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan mata

Kita semua tahu, makanan yang mengandung vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Buah Naga, Wortel, Tomat, Bayam dan Brokoli adalah beberapa contoh sayuran dan buah-buahan yang mudah kita temukan dengan kandungan vitamin A yang banyak.

  • Hindari debu dan Sinar Ultraviolet secara langsung

Jika mata sering terkena debu maka akan menyebabkan infeksi pada mata. Sedangkan sinar ultraviolet yang secara langsung terkena mata dapat menyebabkan pengerasan pada lensa mata, penurunan daya penglihatan akibat gangguan pada retina mata sampai menyebabkan katarak. Solusi yang tepat untuk menghindari debu dan sinar ultraviolet adalah dengan menggunakan kacamata.

  • Olahraga secara teratur

Bukan hanya untuk tubuh saja, olahraga yang dilakukan dengan teratur dapat menurunkan ketegangan pada otot mata sehingga dapat mengurangi gangguan pada mata.

  • Mengurangi penggunaan tetes mata

Penggunaan tetes mata yang terlalu sering dapat mengakibatkan kerusakan pada mata.

  1. Jangan membiasakan mengucek mata secara langsung, karena tangan adalah sarang kuman dan penyakit. Jika hal tersebut di lakukan oleh anda maka di mungkinkan hal hal negative tersebut akan menempel dan berpindah pada mata anda.
  2. Mengistirahatkan mata di sela-sela aktivitas anda saat menggunakan laptop atau membaca
  3. Untuk pengguna lensa kontak, sebaiknya perhatikan cara pemakaianya. Selain harus memperhatikan kebersihan lensa kontak, sebaiknya lensa kontak hanya digunakan selama 8 jam.
  • Periksa mata secara rutin

Hal yang paling penting dalam merawat kesehatan mata adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan mata. Hal ini penting dilakukan agar dapat mengetahui apabila terjadi kejanggalan pada mata sehingga dapat ditangani lebih cepat. Pemeriksaan mata yang baik adalah 3-6 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *