Tips Gaya Hidup Sehat

Tips Gaya Hidup Sehat—banyak penyakit yang lahir dari gaya hidup yang tidak sehat. Pola hidup seperti ini terbentuk dari rutinitas sehari-hari yang berulang hingga menjadi sebuah kebiasaan. Banyak orang mengatakansehat itu mahal. Itu tidak benar. Sehat itu justru murah. Yang mahal adalah sakitnya. Maka dari itu penting bagi kita untuk melakukan tindak pencegahan sebelum sakit itu datang.  Dengan melakukan pola hidup sehat anda akan terbiasa untuk tetap sehat. Bagaiamana caranya?

Berikut beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa anda terapkan dalam hidup anda.

  • Olahraga

Para pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya berolahraga tiap dua hari sekali. Olahraga ringan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh seperti, jogging, senam, bersepeda. Dengan berolahraga, aliran darah menjadi lancar dan otot-otot juga akan semakin kuat. Ini bermanfaat untuk ketahanan tubuh.

  • Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk di sini seperti merokok, minum alkohol, mengkonsumsi makanan manis berlebihan dan lain sebagaianya. Untuk mewujudkan pola hidup sehat, sebaiknya segera hentikan aktivitas-aktiviats tersebut sekarang. Minimal perlahan-laha dikurangi. Memang diperlukan konsekuensi yang kuat untuk mewujudkannya.

  • Kurangi stres

Sebetulnya ada banyak sekali cara untuk mengurangi stres. Misalnya mengambil waktu luang untuk berelaksasi, meditasi atau pun melakukan hoby yang beberapa waktu sebelumnya banyak tertunda. Stres dapat memicu berbagai penyakit. Bahkan bisa menimbulkan depresi akut.

  • Istirahat cukup

Idealnya tidur yang baik itu sekitar 7-8 jam. Istirahat yang cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan segar. Tidurlah di waktu yang sama setiap harinya. Bangunlah juga di waktu yang sama setiap harinya. Ini sangat penting agar tubh lebih siap kapan harus istrahat dan kapan harus bekerja.

  • Perbanyak minum air putih

Tubuh manusia kurang lebih berisi cairan 80%. Kekurangan cairan dapat menyebabkan munculnya  dehidrasi yang berujung pada penyakit. Peran air putih memang sangat penting dalam kesehatan. Seseorang yang mengkonsumsi air putih minimal 8-9 gelas sehari, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, dari yang mengkonsumsi kurang dari itu.

  • Rutin berpuasa

Bagi umat muslim, selain mendapatkan pahala, ternyata secara medispun puasa sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan psikologis seseorang. Saat berpuasa kinerja organ tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga emosi akan lebih mudah terkontrol dan pikiran jauh dari stres

  • Konsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah dapat membantu memelihara kesehatan dan kebugaran raga. Kandungan berbagai vitamin dan berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh dalam sayur dan buah, membuat badan anda tetap segar, fit dan tidak mudah terserang penyakit. Pilihlah makanan yang tepat dengan kebutuhan anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *