Tips Gaya Hidup Agar Lebih Sehat Dan Bahagia

Di jaman modern seperti sekarang kehidupan manusia semakin sibuk dan terfokus pada pekerjaan sehingga tidak jarang melupakan hal yang sangat berarti dalam hidup yaitu kesehatan dan kebahagiaan. Berikut tips gaya hidup agar lebih sehat dan bahagia yang bisa Anda coba dan semoga tips gaya hidup ini bermanfaat.

Makan makanan “primitif”. Diet terbaik adalah yang berdasarkan bahan makanan yang sejak dahulu dikonsumsi. Hasil studi menyatakan bahwa makanan “primitif” terdiri dari buah-buahan, sayur mayor, biji-bijian dan kacang, daging merah dan putih, ikan dan telur. Dengan begitu Anda dapat memilih makanan yang sehat secara tepat dan cepat. Makanan “primitif” lebih baik dan sehat untuk tubuh daripada makanan “modern” seperti makanan olahan atau cemilan-cemilang yang berkadar gula tinggi. Tips gaya hidup dengan makanan primitif, seimbangkan kandungan gizi semua bahan makanan itu dalam setiap asupan konsumsi Anda.

Tetap terhidrasi. Air dalam tubuh berfungsi sebagai pelarut, pembawa nutrisi, regulator suhu tubuh dan mendetoksifikasi tubuh. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dapat meningkatkan tingkat ketahanan dan energy tubuh Anda. Minumlah air dengan jumlah yang cukup. Salah satu tanda tubuh Anda cukup terhidrasi adalah warna urin yang bening bukan kuning.

Makanlah dengan tenang. Dengan kesibukan sehari-hari, waktu makan menjadi seperti sebatas kewajiban saja. Padahal makan dengan tenang memiliki keuntungan yang lebih. Dengan makan lebih tenang dan perlahan, selain Anda dapat benar-benar menikmati makanan itu sendiri, proses pengolahan makanan di dalam tubuh Anda juga akan lebih baik. Selain itu, Anda juga akan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tidak berlebihan karena makan terlalu cepat dapat membuat Anda makan dengan porsi lebih dari yang tubuh Anda butuhkan.

Baca Juga:4 Tips Gaya Hidup Sehat dan Tetap Fit

Dapatkan cahaya matahari yang cukup. Sinar matahari dapat menambah kandungan vitamin D di dalam tubuh Anda yang dapat mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Juga dapat meningkatkan fungsi imun tubuh. Usahakan untuk berjemur matahari di pagi hari. Tips gaya hidup ini, hindari matahari siang sampai sore karena sinar ultraviolet tidak baik untuk kulit Anda dan lindungi kulit Anda dengan sunscreen yang memiliki kandungan SPF yang cukup.

Cukup tidur. Tidur berfungsi untuk mengoptimalkan mental dan energi fisik. Dan porsi tidur yang cukup (sekitar 8 jam) dapat mengurangi resiko penyakit kronis dan dapat memperpanjang usia. Usahakan tidur dari jam 10 di malam hari agar proses detoksifikasi dan perbaikan organ dalam tubuh berjalan baik.

Berolahraga dengan teratur. Olahraga aerobik seperti berjalan, jogging, renang, bersepeda, bahkan naik tangga dapat menjadi pilihan karena dapat dilakukan hampir kapan dan di mana saja. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk berjalan cepat atau jogging. Dan usahakan naik tangga daripada naik lift atau ekskalator.

Lakukan kebaikan secara acak. Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan empati Anda dan akan membawa kebaikan untuk Anda. Memberikan bangku pada orang yang lebih membutuhkan saat menaiki kendaraan umur, membelikan makanan kepada seseorang secara spontan dan banyak lagi. Bahkan tersenyum dan menyapa orang lain yang seperti hal remeh bagi Anda dapat sangat berarti untuk orang lain. Membahagiakan orang lain akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *