Gaya Hidup Hedonisme yang Harus Diwaspadai

Siapa yang tidak mau hidup dengan memiliki fasilitas terbaik, mulai dari mobil mewah, gadget model terbaru, tas dan pakaian branded, hingga perumahan elit. Jika kamu salah satu yang sangat ketergantungan dengan semua ini, bisa jadi kamu adalah seorang hedonis. Hedonis merupakan pelaku dari gaya hidup hedonisme, yaitu pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Pandangan seperti inilah yang menyebabkan seseorang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan kesenangan yang diinginkan baik dari materi maupun kesenangan duniawi lainnya.

Gaya Hidup Hedonisme yang Harus Diwaspadai

Memang tidak ada larangan untuk seseorang berperilaku hidup hedon, namun alangkah lebih baiknya kita menghindari gaya hidup yang satu ini dan lebih menerapkan gaya hidup yang sederhana. Perlu diketahui gaya hidup yang satu ini menimbulkan citra eksklusifitas yang berdampak pada kesenjangan sosial. Agar kita tidak terjebak pada gaya hidup yang satu ini, simak beberapa hal berikut ini.

  • Hidup sederhana.

Hidup sederhana dapat menjauhkan dirimu dari perilaku hedon. Kita tak perlu harus dengan sesuatu yang mewah hanya untuk memperoleh kesenangan.

Baca Juga:Tips Agar Anda Terhindar dari Sikap Hedonisme

  • Membuat daftar skala prioritas.

Orang yang hedon lebih sering membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang tidak penting hanya untuk mendapatkan kepuasan, sehingga mereka lebih terbilang cukup konsumtif. Dengan menentukan skala prioritas, kita akan lebih menggunakan keuangan untuk sesuatu yang penting.

  • Berhati-hati dalam memilih teman.

Lingkungan pertemanan sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Memang tidak baik memilih-milih dalam berteman, tapi jika pertemanan hanya akan membawa pengaruh buruk seperti perilaku hedonisme, sebaiknya dihindari sedini mungkin.

  • Tidak mudah merasa iri dengan kepunyaan orang lain.

Biasakan untuk selalu bersyukur dengan yang dimiliki. Terlalu iri dengan kepunyaan orang lain hanya akan membuat kita tidak merasa cukup dengan yang kita miliki. Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Atas dasar inilah kita tidak boleh mudah merasa iri.

Penyebab gaya hidup hedon bisa berasal dari faktor internal yaitu diri sendiri dan faktor eksternal yaitu lingkungan, seperti arus globalisasi dan budaya kebarat-baratan. Gaya hidup yang satu ini mempunyai banyak kekurangan, diantaranya bisa memunculkan sifat menghalalkan segala cara hanya untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan, egois dan tidak peka dengan keadaan sekitar, mengganggu orang lain.

Ciri-ciri yang mudah ditemui dari seorang hedonis adalah dari perilakunya yang sebagai berikut:

  • Menginginkan segala sesuatu yang mewah.

Orang hedonis akan lebih tertarik kepada kemewahan dunia. Terkadang dikarenakan mereka memang sudah mendapatkan semua itu sedari kecil, namun tak jarang yang memang dikarenakan memaksakan diri untuk terlihat mampu.

  • Pemilih dalam berteman.

Penganut gaya hidup hedonisme cenderung lebih pemilih dam berteman, biasanya memilih seseorang yang bisa memberikan keuntungan.

  • Sangat konsumtif.

Tidak memiliki skala prioritas. Apa yang diinginkan langsung dipenuhi begitu saja tanpa pertimbangan.

  • Cenderung anti sosial dan jauh dari agama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *