Efektif Cegah Hedonisme, 4 Hal Ini Patut Anda Ketahui!

Istilah hedonisme kini populer melekat pada kehidupan kaum urban. Hedonis sendiri bermakna kesenangan atau kepuasan hidup secara berlebih-lebihan. Berasal dari bahasa Yunani, keadaan ini menuntut pelakunya untuk bersifat boros dalam hal keuangan. Tak jarang penganut gaya hidup tersebut memiliki gengsi yang tinggi untuk hal-hal sederhana sekalipun. Beberapa kasus menunjukkan pelaku hedonis tak malu berhutang untuk tetap mempertahankan gengsi daripada harus mengubah kebiasaan tersebut.

Semakin tingginya penghasilan seseorang disinyalir menjadi penyebab gaya hidup berlebihan. Berbanding lurus dengan kemampuan membeli, tentu saja gaya yang ditunjukkan kian meningkat. Tak bisa dipungkiri kebanyakan pelakunya pun didominasi oleh remaja serta dewasa muda. Mereka yang masih terpukau dengan segala kemewahan, popularitas dan brand menjadi sasaran utama hedonis. Jika melihat ke belakang, perubahan semacam ini bukan sesuatu yang baru, bahkan telah terjadi sejak awal 2000-an.

Mungkin tak menjadi masalah untuk Anda yang memang memiliki uang berlebih, tapi bagaimana dengan mereka yang pas-pasan? Gaya hidup semacam ini tentu tidak bisa diterapkan, sehingga Anda harus berbenah diri. Supaya tak mudah terjerumus pada kebiasaan boros semacam ini, cobalah terapkan hal berikut:

Sederhana
Hidup sederhana tanpa tuntutan bisa menyamankan dan menenangkan Anda. Tak ada tagihan kartu kredit, paksaan untuk membeli barang mewah, mengikuti fashion tertentu, finansial Anda pasti akan tetap stabil. Selalu tanamkan dalam pikiran Anda bahwa sesuatu yang sederhana itu jauh lebih nyaman. Kesederhanaan akan menciptakan perasaan bahagia dikelilingi orang-orang sekitar. Mendapatkan kehidupan yang cukup tanpa kekurangan suatu apapun tentu patut untuk disyukuri.

Baca juga: Cara Menghindari Pola Hidup Hedonisme yang Berlebihan

Selektif
Jangan mudah terjerumus dengan lingkup pergaulan teman. Kebanyakan pelaku hedonisme dimulai dari pertemanan yang tidak sehat, termasuk sahabat. Anda tak dilarang untuk berteman dengan siapapun, tetapi bukan berarti semua teman bisa Anda contoh. Gaya hidup serta kebiasaan mereka lambat laun akan turut mempengaruhi kehidupan Anda. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih teman yang bisa dijadikan teman dekat atau sekedar kenalan.

Takwa
Hubungan kita dengan Tuhan menjadi benteng paling kokoh untuk menjauhkan diri dari gaya hidup berlebihan. Anda harus ingat, hubungan Anda dengan Tuhan jauh lebih berarti daripada kehidupan dunia. Jalinlah kedekatan tersebut setiap saat, ingatkan diri Anda di saat terlupa atau berjalan di jalur yang salah. Tingginya tingkat keimanan seseorang akan membantu mereka untuk selalu bersyukur serta tak mudah iri maupun dengki dengan kehidupan orang lain.

Prioritas
Pelaku hedonisme sangat susah mengatur serta menentukan prioritas mereka. Mereka selalu membeli serta menggunakan barang-barang yang dirasa tidak terlalu penting. Supaya terhindar dari hal tersebut, buatlah skala prioritas secara berkala. Tentukan hal apa yang penting dimiliki dan mana yang bisa diganti dengan hal lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *