E-SAMSAT, INFO PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Pajak tahunan kendaraan bermotor merupakan pajak yang wajib dan rutin harus dibayarkan, namun ada juga jenis pajak yang dilakukan setiap lima tahun sekali. Pajak ini ditandai dengan pergantian plat nomor kendaraan dan STNK. E-Samsat kini telah hadir di tengah masyarakat. Dari program ini, kita dapat info pajak kendaraan bermotor bahkan memproses bayar pajak yang kita miliki. Zaman sudah semakin canggih. Jika cek pajak kendaraan bermotor dulunya hanya bisa dilakukan dengan cara mendatangi kantor Samsat bersama, gerai Samsat, Samsat Kecamatan atau Samsat keliling terdekat, sekarang, pajak tahunan dapat dilakukan secara online melalui e-Samsat.

Cara Konvensional

Bila kita senang jalan-jalan dan malas berdiam diri di rumah, sedangkan pada waktu yang bersamaan, pajak kendaraan bermotor telah sampai pada waktunya, maka langsung saja mendatangi kantor Samsat terdekat. Namun, sebelum berangkat, ada beberapa syarat dokumen yang harus disiapkan, antara lain:

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  3. Uang sesuai pajak yang akan dibayar

Sedangkan untuk pajak lima tahunan, syaratnya adalah:

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  2. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi
  3. KTP asli dan fotokopi
  4. Mengisi formulir cek fisik kendaraan yang diberikan oleh petugas
  5. Uang sesuai pajak yang akan dibayar

Setelah semua persyaratan dipersiapkan, sekarang Anda boleh pergi ke kantor Samsat. Ambil dan isi formulir pembayaran pajak. Selanjutnya, kembalikan dokumen bersamaan dengan syarat-syarat yang diminta. Tunggu nama Anda dipanggil. Maka tarraaaaa…. Anda telah selesai membayar pajak.

Pembayaran pajak secara online

Sumber ilustrasi :otokawan.com

Selain menggunakan cara konvensional di atas, pembayaran pajak juga dapat dilakukan secara online. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para wajib pajak yang sibuk dan para magerian (orang-orang malas gerak). Hehehe…

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membayar pajak kendaraan bermotor, simak caranya sebagai berikut:

  1. Melalui ATM Terdekat

Tentu ATM banyak terdapat di lingkungan tempat tinggal kita. Nah, melalui Anjungan Tunai Mandiri yang berbentuk box ini, kita dapat membayar pajak kendaraan bermotor. Caranya:

  1. Masukkan Kartu ATM.
  2. Pilih “Bayar” kemudian lanjut ke “Menu Lainnya”.
  3. Pilih menu “Pajak/Penerimaan Negara”.
  4. Pilih menu “E-Samsat”.
  5. Masukkan nomor polisi kendaraan bermotor.
  6. Lanjutkan pembayaran pajak.
  7. Simpan struk pembayaran.

Cara kedua adalah melalui portal E-Samsat, caranya adalah:

  1. Masuk ke portalnya E-Samsat.
  2. Masukkan kode dan dapatkan konversi nomor polisi kendaraan.
  3. Lanjutkan pembayaran melalui ATM.
  4. Simpan struk pembayaran.

Penggunaan E-Samsat sendiri berhubungan dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor. Dalam peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut terdapat beberapa manfaaat dari program E-Samsat. Namun, belum semua daerah dapat menerapkan kemajuan teknologi ini. Kesiapan aparatur sendiri dan kemampuan memahami masyarakat kita masih sangat kurang. Padahal, jika diterapkan, banyak manfaatnya, antara lain:

  1. Proses sederhana dan efisien, tanpa ngantre. Prosedurnya dilaksanakan hanya melalui akses ATM yang telah bekerja sama dengan Samsat untuk melaksanakan penerimaan pembayaran E-Samsat.
  2. Cepat dan fleksibel. Prosedur ini dilakukan dengan kemauan si pembayar pajak sendiri tanpa harus menyesuaikan jam kantor Samsat.
  3. Kualitas. E-Samsat menunjukkan kemauan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.
  4. Aman. Rasa aman dan proses mudah memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada wajib pajak.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak daerah yang masih dalam proses atau masih belum menerapkan E-Samsat. Dari data di lapangan, baru kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya yang menerapkan E-Samsat sebagai sarana mempermudah proses pembayaran pajak.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/amp/auto/cek-pajak-kendaraan-ini-info-dan-cara-bayarnya-bisa-online-68979

Ilustrasi gambar : bapenda.jabarprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *