Contoh Perilaku Masyarakat yang Mengikuti Gaya Hidup Hedonisme

Di jaman modern ini sekarang ini ada gaya hidup yang sangat terkenal dan banyak dilakukan oleh masyarakat kekinian. Gaya hidup tersebut adalah hedonisme yang merupakan paham atau ajaran yang menganggap materi dan juga kesenangan sebagai tujuan utama yang ada dalam hidup. Hal tersebut mujuk pada arti yang diberikan oleh KKBI. Akan tetapi untuk pemaknaan masyarakat sekarang ini akan kehidupan hedon adalah kehidupan orang yang suka berfoya-foya dan melakukan hal yang berlebihan. Terutama untuk masyarakat kota yang mempunyai akses lebih untuk dapat melakukan berbagai hal hedon seperti berikut ini.

  • Bermewah-mewahan

Perilaku pertama dari gaya hidup yang hedon adalah perilaku bermewah-mewahan. Hal ini merupakan hal dasar dari orang yang hedon yang hanya mengejar materi dalam hidup. Sehingga ketika ia mempunyai materi yang cukup kemudian ia menggunakannya untuk dapat bermewah-mewahan yang sebenarnya tidak perlu. Seperti mempunyai rumah yang sangat mewah dan megah dengan luas yang sangat besar. Padahal keluarga yang dipunyainya kecil bahkan tinggal sendiri sehingga sangat mubazir. Akan tetapi karena demi gengsi dan juga kepuasan pribadinya banyak orang yang melakukan hal tersebut yaitu bermewah-mewahan.

  • Membeli barang yang tidak perlu

Biasanya masyarakat apabila melakukan sesuatu pasti mempunyai tujuan khusus. Dimana hal tersebut harusnya juga berlaku ketika membeli suatu barang yang akan digunakan untuk sesuatu hal dan dimanfaatkan fungsi dan kegunaan dari sebuah barang. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku para penganut hedonisme yang membeli barang hanya untuk kesenangan. Daripada membeli barang yang berbeda mereka suka untuk mengoleksi hal yang tidak penting selain itu harganya mahal. Sehingga barang yang dibeli akan ditumpuk begitu saja hanya untuk kesenangan semata.

Baca Juga: Tips Gaya Hidup Sehat

  • Selalu mengikuti trend

Ciri-ciri orang hedon selanjutnya adalah selalu mengikuti trend yang sedang berlangsung. Untuk dapat tampil kekinian masyarakat yang hedon akan membeli barang yang sedang trend walaupun harganya mahal. Sehingga bagi Anda yang selalu mengikuti trend harap berhati-hati agar tidak terjebak dalam sifat yang hedon dan selalu untuk ingat bahwa hedon merupakan salah satu hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Sikat perilaku hedonisme sendiri mirip dengan konsumenrisme dimana masyarakat membeli atau melakukan suatu hal yang hanya menyenangkan dirinya sendiri terutama dari hal materi. Sehingga banyak kaum hedon tersebut berjalan-jalan di pusat perbelanjaan besar dan akan membawa banyak barang belanjaan dengan nilai berjuta-juta. Dimana hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan dan juga bermewah-mewahan yang tidak perlu ditunjukkan. Menggunakan mobil sport, menggunakan tas mewah, baju mahal, dan juga perhiasan lain hanya untuk bermewah-mewahan tidak seperti hakikat barang dibeli hanya untuk aksesoris yang dapat untuk menunjang penampilan saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *