Cara Tinggalkan Gaya Hidup Dan Hedonisme

Gaya hidup hedonisme adalah dimana keadaan pada diri seorang manusia memiliki pandangan hidup bahwa orang akan bahagia apabila mendapatkan kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari hal yang tidak menyenangkan. Hedonisme sendiri adalah mengajarakan tindakan dan tujuan hidup manusia adalah kesenangan atau kenikmatan. Hedonis memiliki  tiga aliran yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.

Cara Tinggalkan Gaya Hidup Dan Hedonisme

Orang dapat dikatakan memiliki gaya hedonisme jika mereka menghabiskan banyak uang dan waktu yang mereka miliki untuk mengejar modernitas, memenuhi segala keinginan dari obyek yang diinginkan. Tingkah laku ini dapat terlihat pada obyek yang didasari kesenangan seperti mobil, barang mewah, tas, pakaian, makanan, dan yang lainnya. Hal ini meyebabkan orang hedonis belaku gaya hidup konsumtif yang menurut mereka dengan melakukan semua itu mereka memiliki kepuasan tersendiri secara psikologi ataupun fisik.

Tanpa disadari hedonisme ini berdampak dengan sistem keuangan kita karena gaya hidup konsumtif pasti akan disertai dengan pemborosan. Padahal pemborosan merupakan tindakan yang terlalu berlebihan diatas apa yang dibutuhkan. Mungkin akan terasa mengasyikkan selagi kita dapat membelinya namun akan bedampak buruk untuk kebiasaan dan karakter kita. Jika kita telah terbiasa menaikkan gaya hidup kita bukan perkara mudah untuk menurunkannya. Hal ini didasari sifat manusia yang mencari kesenangan dan menghindari kesusahan. Selain itu juga ada rasa malu pada orang lain.

Baca Juga : Tips Mengurangi Gaya Hidup Hedonisme dengan Mudah dan Tepat

Jadi marilah mengubah perilaku hedonisme dengan cara-cara berikut seperti;

Menabung

Hal ini sulit dilakukan oleh orang yang telah terbiasa dengan gaya hidup konsumtif dan hedon. Padahal hal ini sangat penting untuk keperluan jangka panjang seperti untuk biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, membayar cicilan rumah, bahkan untuk persiapan dana pensiun. Anda dapat memulai menabung dengan jumlah tidak terlalu banyak, misalnya menyisihkan 10% dari penghasilan setiap bulannya dan lakukanlah secara rutin dan teratur maka tabungan akan semakin banyak terkumpul.

Anggaran belanja

Anggaran belanja akan sangat membantu dalam merencanakan pengeluaran dalam sebulan. Perhitungkan dengan detail kebutuhan sehari-hari, mingguan, dan bulanan lalu atur uang sesuai dengan perhitungan yang telah dibuat. Dalam membuat anggaran belanja anda harus bersikap disiplin untuk mengendalikan diri agar menepati anggaran yang telah dibuat.

Skala prioritas kebutuhan

Pada awal bulan anda harus mulai mengurutkan kebutuhan dari dasar prioritas. Jadi urutkan dari yang tertinggi hingga terendah. Dan apabila ada dana lebih anda dapat memenuhi keperluan yang anda inginkan.

Jangan sering jalan dan pergi ke mall

Kegiatan ini memang mengasikkan namun tingkat bahayanya sangat tinggi karena berpotensi sangat tinggi untuk berbelanja diluar kebutuhan yang telah terencana. Karena secara psikologis kita akan lebih mudah tertarik untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja.

Berikut di atas adalah cara untuk kita bisa bebas dari hedonisme yang bisa membuat gaya hidup kita semakin memburuk ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *