Berikut 4 Efek Buruk dari Paham Hedonisme

Masyarakat zaman sekarang tentunya perlu lebih peka terhadap efek dan kemungkinan adanya resiko mengalami hedonisme. Hedon ini merupakan paham dimana pelakunya cenderung menikmati hidup secara berlebihan seolah hidup hanya sementara dan ditujukan untuk bersenang-senang. Jadi banyak orang dengan paham hedon ini lebih memilih menghabiskan waktu di luar rumah untuk tujuan bersenang-senang. Bisa terlihat dari kebiasaan belanja barang konsumtif secara berlebihan dan tidak memiliki waktu khusus untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Berikut 4 Efek Buruk dari Paham Hedonisme

Efek Buruk Perilaku Hedon

Meski bersenang-senang memang perlu akan tetapi jangan sampai menganut paham hedon tersebut karena akan merugikan. Efek buruk dari paham satu ini cukup banyak, beberapa diantaranya adalah:

  • Lebih mudah untuk boros,

Banyak penganut paham hedon menganggap hidup di dunia hanya sebentar sehingga rugi jika dipakai untuk bersusah-payah. Maka mereka memanfaatkan sisa umur yang ada untuk bersenang-senang misal dengan selalu makan enak, belanja apa saja, memakai barang branded, jalan-jalan hingga ke luar negeri, dan sebagainya secara berlebihan. Dampaknya tentu saja membuat pelakunya super boros, sekalipun menerima warisan sangat besar dijamin ludes dalam tempo yang terbilang singkat.

  • Tidak memiliki kemampuan menghasilkan uang,

Kaum hedonisme cenderung memiliki keterampilan maksimal untuk menikmati hidup dengan aneka kesenangan duniawi. Bahkan sejak masih belia mereka terbiasa untuk bersenang-senang dan tidak paham bagaimana mengelola bahkan mencari uang. Akibatnya tentu saja mereka alpha dengan keahlian menghasilkan uang baik dengan berbisnis maupun bekerja di sebuah perusahaan. Oleh sebab itu paham ini baiknya tidak sampai kepada Anda dan keluarga karena bisa berdampak besar pada kesejahteraan satu rumpun keluarga.

  • Sifat egois tumbuh subur,

Orang yang sudah hedon cenderung akan egois karena memang belajar untuk menyenangkan diri sendiri. Banyak bahkan yang rela merugikan orang lain demi untuk bisa merasa senang, seperti mencoret tembok yang tadinya bersih menjadi super kotor dengan tulisan yang tidak bermanfaat. Egois menjadi sifat yang kental dimiliki kaum hedon, kalau sudah begini maka bisa jadi tidak hanya mengabaikan perasaan teman dan tetangga. Melainkan juga mengabaikan keluarga sendiri dan yang ada malah saling menyakiti maka dipastikan tidak ada keuntungan memegang prinsip tersebut.

  • Suka pamer,

Melihat orang yang suka pamer tentu membuat Anda tidak tahan, maka jangan sampai Anda suka pamer sekalipun untuk hal-hal sepele. Bisa jadi malah menimbulkan perasaan iri pada orang sekitar dan mempengaruhi hubungan sosial Anda. Sifat pamer bisa memicu perlombaan dalam hal yang tidak bermanfaat, misal pamer tas mahal yang nantinya memicu perlombaan pemilik tas mana yang paling mahal. jika sudah menjadi kebiasaan tentunya akan membuat kehidupan sosial memburuk, saat jatuh penganut hedonisme akan menderita sendiri juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *