Home TIps dan Trik Kumpulan Trik Menulis Opini di Koran

Kumpulan Trik Menulis Opini di Koran

by Diane Lowe

Menulis di koran merupakan prestise tersendiri bagi sebagian orang. Ketika tulisan kita berhasil menembus media massa atau dimuat, tentu akan menjadi kebahagiaan dan kebanggaan karena tulisan kita dapat dibaca oleh banya orang. Selain itu, kebahagiaan lain yang sering kita rasakan ketika tulisan kita dimuat di sebuah media massa adalah kita mendapatkan honor atau bayaran dari tulisan kita. Besaran honor yang diberikan masing-masing koran memang berbeda-beda. Namun terlepas dari honor dan kebanggaan, menulis di media massa merupakan ajang untuk menyampaikan opini dan melatih kemampuan kita dalam menanggapi berbagai isu yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Opini yang kita tulis menunjukkan tingkat intelektualitas kita. Akan tetapi, tidak semua orang yang cerdas dan memiliki wacana kritis mampu menuliskan wacananya dan mampu menembus media massa. Bagi sebagian orang, tulisan dimuat di media massa mungkin hanya impian yang sulit tercapai. Berikut ini adalah kumpulan trik menulis opini di koran.

Membaca Momentum

Setiap media massa memiliki motto kebaruan informasi, sehingga setiap konten yang dimuat atau ditayangkan di media atau koran tersebut umumnya merupakan informasi atau berita yang aktual, belum basi, dan masih hangat dibicarakan orang. Tema-tema yang baru selalu digemari oleh pembaca. Untuk itu, sebagai penulis, kita perlu membaca momentum. Opini di koran temanya selalu disesuaikan dengan momentum. Misalnya, setiap tanggal 17 Agustus, temanya pasti tentang kemerdekaan. 21 April temanya pasti adalah perempuan karena bertepatan dengan Hari Kartini. Tema dan momen media massa umumnya akan terus berulang. Sebagai penulis, kita harus memanfaatkan setiap momen dengan menyiapkan naskah dan mengirimkannya setidaknya dua haru sebelum hari H momen tersebut terjadi. Sebagai contoh, kita harus menyiapkan tulisan dengan tema perempuan sejak tanggal 15-an April, dan mengirimkannya ke koran atau media massa pada tanggal 19 atau 20 April. Peluang tulisan kita bisa dimuat akan sangat besar.

Baca Juga:Kumpulan Trik Menulis Cerita Pendek

Mengetahui Karakter Masing-masing Koran

Baca Juga:   Kumpulan Trik Menghemat Uang untuk Anak Kost

Setiap koran yang menayangkan tulisan berupa opini pasti memiliki karakter masing-masing. Ada yang menekankan pada kekuatan data tulisan, ada yang menekankan pada kekhasan atau keotentikan pendapat yang dituangkan dalam tulisan. Untuk mengetahui karakter masing-masing koran, kita harus rajin mengikuti atau membaca opini-opini yang ditayangkan koran tersebut, setidaknya minimal 5 edisi. Dengan demikian, kita akan mendapatkan informasi mengenai: pakem gaya menulis, jumlah rata-rata karakter tulisan, dan terutama mengetahui kecenderungan redaksi dalam memilih opini yang dianggap layak. Memahami karakter masing-masing koran merupakan salah satu poin penting dari sekian kumpulan trik menembus media massa.

Perkayalah diri kita dengan bacaan-bacaan yang beragam, yang mencakup berbagai tema, terutama tema-tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, agar ketika kita akan menanggapi sebuah tema atau sebuah peristiwa aktual dengan menulis opini di koran, kita sudah memiliki wawasan yang cukup tentang topik atau tema tersebut. itulah kumpulan trik menulis opini di koran. Kunci yang utama adalah, jangan pernah putus asa ketika tulisan yang kita kirim masih belum dimuat, suatu saat kita akan berhasil jika terus mencoba.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More