Penting Buat Tahu, Inilah Macam dan Merek Vitamin Ibu Hamil!

Kabar membahagiakan dari seorang wanita salah satunya adalah berita kehamilan. Seorang wanita akan merasakan suatu fenomena yang tak pernah dibayangkan sebelumnya, merasakan seluruh lika liku pada proses kehamilan. Sehingga, terkadang kehamilan dapat membuat Anda mengubah kebiasaan makan Anda. Mengonsumsi sayuran dan buah sudah mulai harus diperbanyak, sharing akan ilmu kehamilan, termasuk dalam mencari tahu apa saja manfaat asam folat baik bagi ibu hamil maupun untuk janin.

Asam folat sendiri memang sangat penting dalam perkembangan otak janin, karena dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat membuat bayi lebih cerdas. Selain asam folat, yang paling penting masuk ke dalam tubuh ibu hamil adalah vitamin. Vitamin untuk ibu hamil banyak dikandung dalam buah dan sayur, yang mana vitamin juga dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan pada janin.

Adapun macam vitamin untuk ibu hamil antara lain:

Ibu hamil perlu vitamin C lebih banyak

Seperti yang kita ketahui, vitamin C berguna untuk melindungi sel maupun jaringan tubuh dari adanya kerusakan disebabkan oleh radikal bebas yang ada di sekitar. Vitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, apalagi ibu hamil yang selalu merasa lebih cepat lelah karena memang metabolisme yang dialaminya dan energi yang ikut terbuang menjadi 2 kali lipat. Hingga terkadang ibu hamil rentan terhadap sakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Makanan yang banyak mengandung vitamin C juga banyak ditemui, seperti pada tomat, mangga, pepaya, hingga brokoli.

Vitamin B kompleks

Banyak yang tak menyangka bahwa kebutuhan vitamin ibu hamil juga dapat meningkat. Termasuk pada kadar vitamin B kompleks yang dibutuhkan bagi tubuhnya.

  • Seperti vitamin B1, yang mampu meningkatkan energi dan sebagai pengatur sistem syaraf.
  • Vitamin B2, yang mampu mempertahankan energi dan penglihatan yang baik.
  • Vitamin B3, yang membantu kesehatan kulit, pencernaan, dan syaraf.
  • Vitamin B6, yang juga membantu pada proses pembentukan sel darah merah.
  • Vitamin B12, sebagai vitamin yang berperan dalam sintesis DNA demi mencegah bayi lahir cacat.

Vitamin B kompleks banyak ditemui pada telur, buah dan sayur, daging, dan biji bijian seperti gandum. Asam folat terdapat pada vitamin B, Anda dapat membaca selengkapnya mengenai asam folat pada tautan berikut ini : https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-ini-manfaat-yang-kamu-dapat-jika-rajin-mengonsumsi-asam-folat-19138

Ibu hamil juga perlu vitamin D

Ibu hamil juga diminta untuk memenuhi kebutuhan vitamin D nya. Yang mana vitamin D sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin semasa dalam kandungan. Vitamin D juga bermanfaat untuk kesehatan tulang sang ibu. Vitamin D banyak ditemukan pada ikan berlemak seperti makarel, salmon, tuna, dan daging merah. Untuk mengaktifkannyaa ibu hamil juga perlu berjemur pada sinar matahari pagi.

Vitamin A juga sangat penting buat bumil

Yang berguna dalam mendukung perkembangan dan penglihatan janin. Adanya kandungan antioksidan pada vitamin A, dapat juga meningkatkan kekebalan pada tubuh ibu hamil agar tidak mudah sakit.

Vitamin E jangan sampai lupa

Terdapat pada sayur dan kacang kacangan seperti bayam dan juga sereal. Vitamin E berfungsi untuk membantu proses pembentukan dan penggunaan sel darah merah.

Selain itu, akan kami sampaikan beberapa merek rekomendasi dari vitamin ibu hamil, khususnya untuk trimester pertama.

  1. Prolacta with DHA for mother, yang mengandung DHA, Kalsium, Vitamin D, EPA, dan juga Omega 3+.
  2. OSFIT DHA, mengandung DHA dan EPA yang bisa menunjang perkembangan otak bayi.
  3. Promavit, cukup membantu untuk proses tumbuh kembang janin karena juga mengandung asam folat.
  4. Folamil Genio, banyak mengandung vitamin dan mineral serta antioksidan yang mampu mencegah bahaya radikal bebas.
  5. Folavit, bisa dibeli menggunakan resep dokter ya.
  6. Elkana, vitaminnya komplit mulai vitamin A, B6, B12, hingga D3 dan masih banyak lagi.
  7. Natavit, bisa dibeli dengan resep maupun tanpa resep di apotek. Suplemen ini mengandung asam folat, B kompleks, DHA.

Demikian. Salam sehat ya bumil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *