Tips Bijak Memilih Makeup Natural yang Aman Digunakan

Wanita dituntut untuk selalu tampil cantik dalam berbagai kesempatan. Tak hanya cantik saat menghadiri sebuah acara, tetapi saat bersama suami di rumah. Tampil cantik tak melulu membutuhkan riasan yang tebal, cukup memilih makeup yang tepat. Sayangnya masih banyak wanita yang salah memilih riasan untuk wajah mereka. Bahkan beberapa wanita terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya karena kesalahan memilih riasan.

 

Kini remaja pun mulai menggandrungi berbagai macam riasan tanpa mengenal tempat. Di sekolah misalnya, sudah banyak remaja yang tak sungkan mengenakan riasan. Bila dilihat sekilas tentu tak menjadi masalah, tetapi sangat disayangkan efeknya bagi kondisi kulit wajah. Penggunaan riasan berlebihan diketahui mampu merusak keelastisan serta kelembaban kulit wajah. Dalam jangka panjang, wajah akan lebih mudah terlihat kusam dan berjerawat.

 

Bagi Anda yang mencintai riasan dan sulit menghindarinya, sebaiknya berhati-hati memilih produk. Setidaknya perhatikan beberapa poin berikut agar tak menyesal:

Baca juga: Cara Sederhana Menjaga Wajah Cantik Alami Anda dari dalam Diri

  • Moisturizer

Pelembab menjadi hal wajib yang diaplikasikan pada wajah sebelum Anda memulai proses makeup. Berbagai pelembab dari beragam brand dapat Anda jumpai di pasaran dengan mudah. Tapi hati-hati sebab tak semua pelembab cocok untuk jenis kulit tertentu. Setiap jenis kulit membutuhkan kandungan berbeda dengan jenis lainnya. Kulit berminyak misalnya, tak memerlukan pelembab berkadar minyak tinggi, tetapi kandungan air yang seimbang untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

Baca Juga

  • Foundation

Jangan mudah tergiur dengan rekomendasi dari para beauty blogger ternama. Anda harus mencari tahu sendiri produk foundation yang hendak dibeli. Sesuaikan dengan warna kulit Anda supaya tidak terlihat kusam atau sebaliknya. Foundation berfungsi menutupi kekurangan pada wajah, contohnya bekas jerawat, flek atau noda. Warna foundation yang terlalu terang akan membuat tampilan Anda terlihat seperti mayat, jadi berhati-hatilah sebelum membeli.

 

  • Bedak

Bila Anda memiliki tipe wajah berminyak, hindari penggunaan bedak padat. Sebaiknya pilih bedak tabur yang lebih efektif menyerap minyak di wajah. Dengan begini tampilan riasan dapat bertahan lebih lama dan Anda pun riasan pun tidak menggumpal di satu bagian wajah.

 

  • Eyeshadow

Riasan tak akan lengkap tanpa tambahan eyeshadow atau perona mata. Untuk tampilan lebih natural, sebaiknya pilihan eyeshadow yang berwarna terang. Warna-warna natural pun bisa menjadi pilihan Anda untuk riasan sehari-hari. Sedangkan eyeshadow glitter bisa Anda pilih untuk menghadiri acara-acara tertentu. Namun hindari penggunaan glitter yang berlebihan, karena produk ini akan menyakiti mata saat melakukan kontak langsung.

 

  • Lipstik

Beberapa tahun terakhir, dunia makeup tengah dihebohkan dengan kehadiran matte lipstick. Pewarna bibir ini diklaim mampu bertahan lama dan terlihat melekat pas di bibir. Banyak wanita yang akhirnya memilih produk tersebut, sayangnya tanpa mempertimbangkan kondisi bibir. Lipstick matte sebaiknya dihindari oleh mereka yang memiliki kondisi bibir terlalu kering. Penggunaan lip balm berwarna jauh lebih disarankan untuk penampilan lebih natural.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *