Langkah Merawat Hasil Semir Rambut yang Tepat Agar Tahan Lama

Bosana dengan rambut hitam dan ingin mengganti dengan warna rambut coklat? Semir rambut saja! Bagi seorang wanita, rambut bak mahkota yang perlu dirawat dan selalu diperindah agar semakin cantik dipandang. Tentunya hal ini akan memberikan nilai plus bagi kecantikan seorang wanita. Memang banyak yang beranggapan jika warna rambut hitam yang alami adalah warna terbaik dan paling cocok dengan warna kulit orang Asia yang cenderung sawo matang. Tapi kamu bisa mencoba hal baru untuk mempercantik penampilanmu dengan cara semir rambut.

Konon jika kita menyemir rambut dengan warna yang lebih terang, hal tersebut akan membuat penampilan kita terlihat lebih fresh dan muda. Tapi untuk orang yang berkulit sawo matang, sebaiknya gunakan warna-warna yang natural seperti coklat tua atau merah burgundy.

Untuk mendapatkan hasil semir rambut yang bagus, kamu harus melakukan upaya agar warna catnya tahan lama sehingga kamu tidak perlu berulang kali mengecat ulang rambutmu. Perlu diperhatikan juga bahwa mengecat rambut terlalu sering tidak baik juga untuk rambutmu. Jadi, kamu harus mencoba cara-cara untuk mempertahankan hasil semir rambutmu agar tahan lama dalam jangka panjang. Apa saja caranya?

  1. Gunakan Clarifying Shampoo

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga hasil semir rambutmu yaitu menggunakan clarifying shampoo. Clarifying shampoo adalah sampo yang mampu membersihkan rambut dan kulit kepala dari penumpukan produk-produk styling, vitamin, air klorin di kolam renang, residu sampo, dan sisa conditioner. Selain mampu membersihkan rambut dan kulit kepala, clarifying shampoo juga berguna untuk membuat warna rambut lebih rata dengan gradasi warna rambut yang tepat.

Memang biasanya jika kita mengecat rambut, terkadang warna rambut berubah menjadi lebih gelap di satu sisi dan di sisi yang lain berbeda. Oleh karena itu, dengan menggunakan clarifying shampoo masalah tersebut dapat diatasi. Namun kekurangan sampo ini yaitu formulanya yang terlalu kuat sehingga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi lebih kering.

  1. Manfaatkan Masker Rambut

Bukan rahasia lagi jika rambut yang disemir seringkali menjadi kering, akibatnya kita jadi merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kita membutuhkan pelembab untuk rambut agar tidak kering. Hal yang dapat dilakukan untuk melembabkan rambut yaitu dengan menggunakan masker rambut.

Kamu bisa membuat masker rambut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami atau membeli masker rambut dari berbagai brand yang sudah terbukti bagus kualitasnya. Masker rambut sebaiknya dilakukan minimal 1 minggu sekali agar rambutmu tidak kering dan bercabang-cabang.

  1. Cuci Rambut dengan Air Dingin

Kamu sering mencuci rambut dengan air hangat? Sebaiknya kamu mulai mengurangi kebiasaan ini jika kamu memiliki rambut yang disemir. Mencuci rambut dengan air hangat justru akan menghilangkan kelembaban alami rambut yang berakibat pada rambut yang menjadi kering. Sebaiknya mencuci rambut dengan air dingin karena air dingin memiliki efek bagus untuk menjaga kutikula rambut. Alhasil rambut menjadi lebih sehat dan bercahaya.

  1. Gunakan Serum Khusus

Rambut yang telah disemir juga perlu dirawat dengan menggunakan serum khusus. Serum ini berguna untuk mencegah rambut menjadi kering akibat pemakaian cat rambut, paparan sinar matahari, dan terkena peralatan hairstyling terus-menerus. Di dalam serum tersebut terkandung zat-zat yang melembabkan kulit dan menutrisi rambut dari dalam. Rambut yang telah disemir menjadi lebih sehat, indah, dan warnanya tahan lama.

  1. Kurangi Penggunaan Alat Hair Styling

Jika kamu sehari-hari sering menata rambut dengan berbagai peralatan hair styling untuk mempercantik rambut, sebaiknya kamu mulai mengurangi hal tersebut mulai saat ini. Ternyata penggunaan alat hair styling pada rambut yang disemir tidak baik lho!

Alat penata rambut yang melibatkan panas seperti hair dryer dan catok rambut. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut dan gunakan hanya pada saat-saat penting saja. Jika kamu ingin menata rambutmu dengan alat hair styling, gunakan serum khusus terlebih dahulu agar rambut tidak kering.

6. Memilih Produk Pewarna Rambut yang Tepat

Saat ini sudah beredar banyak produk semir rambut yang bagus dengan beragam variasi harga. Pilih produk semir rambut yang paling tepat untuk rambutmu. Gunakan produk yang berkualitas, mengandung bahan alami, dan memiliki nutrisi lengkap agar rambut tetap sehat meskipun berganti warna.

Selain itu, pilih juga warna cat rambut yang paling cocok dengan kondisi kulitmu. Pilih yang natural namun tetap terlihat berbeda dan cantik saat diaplikasikan. Untuk memilih warna cat rambut yang tepat untuk rambutmu, coba cek di sini saja https://review.bukalapak.com/beauty/7-warna-cat-rambut-yang-terlihat-cocok-di-kulit-sawo-matang-21007.

7. Mencuci Rambut 24-48 Jam sebelum Menyemir Rambut

Jangan langsung mengecat rambutmu sebelum mencuci dulu rambut 24-48 jam sebelumnya. Mencuci rambut dalam jangka waktu 24-48 jam sebelumnya ternyata penting untuk kesehatan kulit. Mencuci rambut sebelum mengecat rambut bertujuan agar minyak alami yang diproduksi dari rambut dapat berkembang sehingga hasil semir rambut mudah menempel dengan rambut dan lebih tahan lama. Menggunakan cat rambut juga harus dilakukan secara perlahan terutama bagi rambut yang kering. Jika kamu merasa kulit kepalamu sangat kering, kamu perlu memberikan conditioner setiap malam selama 5 menit seminggu sebelum rambut disemir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *