Cara Menggunakan Air Mawar untuk Pemula!

Mawar atau rose adalah jenis bunga yang biasanya menjadi simbol romantisme seseorang. Namun tahukah kamu bahwa mawar ternyata selain indah dan harum ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi wajah? Ya, zat antioksidan yang ada pada bunga mawar kini telah banyak digunakan sebagai produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan yang menggunakan mawar sebagai kandungannya adalah air mawar. Adapun manfaat air mawar sendiri sangatlah banyak, mulai dari menenangkan kulit, menjaga keseimbangan ph kulit, mengecilkan pori-pori kulit hingga menyembuhkan jerawat.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan air mawar yang benar untuk rangkaian perawatan kulit!

  1. Penggunaan campuran air mawar dan kayu cendana untuk kulit berjerawat

Salah satu manfaat air mawar. (https://review.bukalapak.com/beauty/mengenal-5-manfaat-air-mawar-untuk-kulit-wajah-3663 )

Zat antibakteri dan antimikroba yang ada pada air mawar memiliki fungsi untuk mengobati dan mencegah jerawat datang kembali. Selain itu, air mawar juga ampuh digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Bubuk cendana merupakan bahan alami yang dapat menyerap kelebihan sebum atau minyak sehingga campuran keduanya akan menjadi perpaduan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Adapun cara membuatnya adalah pertama campur air mawar dengan bubuk cendana dengan perbandingan 2 banding 1 lalu aduk merata. Setelahnya oleskan pada wajah setelah dibersihkan hingga kering lalu bilas secara perlahan.

  1. Sebagai toner

Cara menggunakan air mawar yang kedua adalah digunakan sebagai toner. Kandungan antiinflamasi yang ada pada air mawar berfungsi untuk menenangkan kulit setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Oleh karenanya, air mawar kemudian dijadikan toner menggantikan produk toner lain yang mengandung alkohol dan bahan kimia.

Untuk penggunaannya, air mawar cukup diaplikasikan dengan cara disemprot atau dituang sedikit ke kapas pembersih wajah untuk dioleskan. Gunakan pada pagi dan malam hari setelah mencuci wajah untuk hasil lebih maksimal.

  1. Air mawar untuk membersihkan kulit

Kandungan antioksidan yang ada pada air mawar dipercaya dapat menangkal radikal bebas pada kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mencegah pori-pori tersumbat serta membersihkan kulit dari kotoran dan debu yang menempel seharian. Dengan bersihnya kulit wajah tersebut, maka wajah pun akan menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Adapun cara menggunakan air mawar untuk membersihkan kulit adalah pertama-tama siapkan air mawar, larutan gliserin sebanyak dua sendok dan minyak essensial mawar sebanyak sepuluh tetes. Selanjutnya, campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam mangkuk hingga tercampur kental sempurna.

Setelah itu, tuang campuran air mawar tersebut ke dalam botol kosong bekas kosmetik. Jangan lupa tutup rapat botol penyimpanan tersebut, dan larutan air mawar pun siap digunakan sebagai pembersih wajah!

  1. Sebagai bahan campuran masker dan peeling

Cara menggunakan air mawar yang terakhir adalah dengan dijadikan bahan campuran masker wajah atau feeling yang akan digunakan sebagai rangkaian perawatan mingguan seorang perempuan. Untuk dapat menjadikan air mawar sebagai campuran masker wajah dan peeling, hal-hal yang harus dilakukan di antaranya adalah menyiapkan air mawar dan masker yang ingin digunakan lalu campurkan keduanya hingga didapat tekstur masker atau peeling wajah yang kental.

Selanjutnya, aplikasikan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan secara merata, serta hindari area mata dan bibir. Tunggu selama dua puluh hingga tiga puluh menit hingga masker atau peeling mengering atau kandungan air mawarnya terserap sempurna oleh kulit.

Selanjutnya, bersihkan masker atau peeling dengan cara memutar sembari menggosok kulit wajah secara perlahan. Terakhir bilas wajah dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *