Berbagai Cara Mudah Memutihkan Wajah Secara Alami

Umumnya produk pemutih wajah yang ada di pasaran bekerja dengan mengurangi konsentrasi melanin pada kulit. Meski efektif memutihkan wajah, beberapa produk kecantikan mengesampingkan kesehatan demi kepentingan marketing sehingga kandungan hidrokinon dan merkuri yang dipakai justru membahayakan kulit karena takaran kadar yang melebihi batas.

Lebih baik Anda menghindari risiko tersebut dengan mencoba cara Alami memutihkan wajah yang telah terbukti aman, mudah, murah, dan minim efek samping berikut.

Aplikasikan Tabir Surya

Salah satu penyebab kulit kusam adalah paparan sinar matahari berlebih. Hal tersebut bahkan juga berisiko memunculkan bercak-bercak pada wajah dan mempercepat timbulnya. Karena, saat terpapar UVA dan UVB, kulit akan memproduksi melanin yang menggelapkan warna kulit. Solusi terbaik adalah Mengaplikasikan tabir surya yang minimal mengandung SPF 15. Jangan hanya menggunakan Tabir surya saat matahari terik namun juga saat hari sedang hujan atau tidak panas.

Rawat dan Bersihkan Kulit Wajah Setiap Hari

Lakukan cara sederhana berikut secara konsisten karena cerahnya kulit wajah dimulai dari kulit yang bersih dan rutin dirawat setiap hari. Cucilah wajah minimal 2 kali sehari, pagi dan malam. Agar hasilnya lebih memuaskan sesekali angkat sel kulit mati dengan melakukan scrub. Selain itu, gunakan moisturizer sesuai jenis kulit. Gunakan krim tebal bagi kulit kering, sedangkan untuk kulit berminyak, sebaiknya aplikasikan krim yang lebih ringan.

Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Cukup Air Putih

Selain dari luar, Memutihkan wajah juga dapat dilakukan dari dalam, sebagaimana dengan cara di bawah ini:

  • Bantu lancarkan proses regenerasi sel kulit dengan Minum cukup air mineral setidaknya 6-8 gelas sehari.
  • Konsumsi makanan bervitamin, terutama vitamin A, C, dan E. Kombinasikan dengan makanan yang kaya nutrisi dan serat dari buah-buahan dan sayuran segar.
  • Jika perlu, konsumsi pula Suplemen minyak ikan yang mengandung Omega-3 .

Ciptakan Ramuan dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami yang juga bermanfaat guna memutihkan wajah di antaranya:

  • Asam sitrat dalam jus lemon. Caranya peras setengah buah lemon lalu campur dengan air setengah gelas. Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada wajah. Diamkan sekitar 15-20 menit. Selama itu usahakan tetap di dalam ruangan atau hindari sinar matahari. Setelahnya, bersihkan dengan air dan oleskan moisturizer pada kulit. Agar hasilnya efektif, ulangi 2-3 kali dalam sepekan.

  • Madu dan Yoghurt. Campurkan madu dan yogurt tawar secukupnya. oleskan pada permukaan wajah. Diamkan selama 15 menit, Bersihkan dengan air hangat.

  • Kentang. Potong kentang mentah menjadi dua, lalu usapkan pada kulit wajah begitu saja. Tunggu sekitar 15-20 menit barulah dibersihkan.

  • Lidah buaya. Patahkan lidah buaya kemudian usapkan gel-nya pada kulit wajah. Jika kulit sudah terasa lengket berulah bersihkan.

  • Pepaya. Hancurkan pepaya sampai berbentuk bubur lalu campur air. Simpan dulu dalam lemari es sebelum dioleskan pada wajah.

  • Imbangi cara alami diatas dengan gaya hidup sehat dengan istirahat cukup dan hindari stres berat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *