Begini Caranya Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Anda!

Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang memerlukan perhatian lebih. Hal tersebut dikarenakan perawatan serta penanganan yang tidak tepat justru akan semakin memperparah kondisi kerontokan. Kerontokan tidak hanya terjadi pada wanita, kaum pria pun sering mengalami hal ini. Pada pria, kerontokan rambut yang parah menyebabkan kebotakan. Sedangkan pada wanita, kerontokan rambut akan menyebabkan penipisan rambut pada bagian kepala. Selain karena faktor genetik, kerontokan rambut biasanya juga disebabkan oleh salah perawatan rambut atau salah penggunaan produk tertentu. Selain itu, kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi seperti protein yang diterima tubuh yang disebabkan karena diet ketat, ketidakseimbangan hormon, serta kondisi kesehatan tertentu yang tengah dialami tubuh. Agar kerontokan Anda tak semakin menjadi-jadi, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi rambut rontok!

Mengenal 5 cara mudah dan murah mengatasi rambut rontok. (https://review.bukalapak.com/beauty/5-cara-mudah-mengatasi-rambut-rontok-8202 )

  1. Mengatasi rambut rontok berlebihan dengan menggunakan obat-obatan

Dalam mengatasi kerontokan rambut, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengenali penyebab kerontokan rambut Anda. Dari beragam jenis penyebab kerontokan, mengatasi rambut rontok berlebihan dengan menggunakan obat-obatan adalah solusi yang diperuntukkan bagi kerontokan rambut yang sifatnya berat, yakni penggunaan obat-obatan tertentu atau penyakit yang tengah Anda derita.  Apabila penyebabnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu, maka dokter akan menyarankan Anda untuk menghentikan pengonsumsian obat-obatan tersebut dan akan memberikan resep penggantinya. Namun apabila penyebabnya adalah penyakit, dokter Anda akan memberikan obat yakni minoxidil dan finasteride.

Obat yang pertama adalah minoxidil atau rogaine. Minodixil  adalah obat cair yang berfungsi untuk mencegah rambut rontok serta menumbuhkannya. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan pada kulit kepala sebanyak dua kali sehari. Dengan pemakaian rutin, rambut Anda akan berangsur tumbuh serta mengalami pengurangan kerontokan pada minggu ke-16. Obat yang kedua adalah finasteride. Finasteride atau propecia adalah obat rontok yang berbentuk pil dan hanya direkomendasikan untuk pria. Penggunaan obat ini berfungsi untuk memperlambat kerontokan serta menumbuhkan rambut baru pada pria yang biasanya kerontokan rambutnya diiringi dengan kebotakan.

  1. Memenuhi asupan gizi tubuh

Kurangnya nutrisi yang diterima tubuh juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut. Salah satu nutrisi utama yang diperlukan rambut adalah protein. Hal tersebut karena protein adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat akar setiap helai rambut. Untuk memenuhi asupan gizi tubuh Anda, setidaknya Anda harus mengonsumsi sebanyak 2-3 porsi sumber protein yang berasal dari daging, susu, kacang-kacangan, telur serta biji-bijian.

  1. Melakukan perawatan rambut yang benar

Dalam melakukan perawatan rambut, Anda harus memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Apakah itu, berketombe, bercabang atau mudah patah. Selain itu, gunakan serum atau toner rambut sebagai bahan tambahan yang akan membantu Anda dalam memperbaiki kerusakan rambut.

  1. Melakukan penataan rambut yang tepat

Apabila Anda adalah pengguna mesin pelurus rambut, pengeriting rambut, dan pengering rambut dan kegiatan-kegiatan tersebut membuat rambut Anda rontok, maka sudah saatnya Anda mengurangi bahkan menghentikan hal tersebut. Suhu panas yang dipaparkan sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi kulit kepala Anda. Selain itu terlalu sering menata rambut dengan alat-alat kecantikan rambut akan dapat menyebkan rambut menipis dan mengalami kerontokan. Selain penggunaan alat-alat kecantikan rambut, Anda juga harus memperhatikan penggunaan ikat rambut. Hal ini dikarenakan penggunaan ikat rambut yang terlalu kencang menjadi penyebab kerontokan yang utama karena hal ini Anda lakukan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *